Advertorial

Wali Kota Cilegon Dapat Penghargaan Bintang Veteran di Hari Pahlawan Nasional

Kompas.com - 10/11/2023, 16:01 WIB

KOMPAS.com – Wali Kota Cilegon Helldy Agustian meraih penghargaan Bintang Veteran dari Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) pada upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional di Halaman Kantor Wali Kota Cilegon, Banten, Jumat (10/11/2023).

Penghargaan diberikan secara langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LVRI Laksdya TNI Purn Djoko Sumaryono kepada Helldy.

Djoko mengatakan bahwa Helldy mendapatkan penghargaan Bintang Veteran lantaran memiliki perhatian kepada veteran. Perhatian tersebut direalisasikan dalam sejumlah tindakan, seperti memberikan bantuan sosial secara rutin, membebaskan veteran dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), serta membangun makam pahlawan di Kota Cilegon.

"Beliau (Helldy) berhasil membangun dan memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Cilegon, termasuk para veteran sebagai bagian dari masyarakat," ujar Djoko dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (10/11/2023).

Sebagai informasi, Bintang Veteran merupakan penghargaan tertinggi dari LVRI. Dari total 34 penerima penghargaan secara nasional, hanya dua pejabat pemerintahan daerah yang menerima, salah satunya adalah Wali Kota Cilegon.

Djoko berharap, Helldy terus melanjutkan program-program positifnya, terutama yang berkaitan dengan kesejahteraan para veteran.

"Bagaimanapun, kita bisa menghirup udara segar seperti sekarang berkat perjuangan para pejuang kemerdekaan dulu. Tentu kita berharap keluarga besar veteran bisa mendapat manfaat dari Pak Wali," tuturnya.

Djoko berpesan kepada para veteran di Kota Cilegon untuk terus menjaga persatuan bangsa dan melindungi wilayah Kota Cilegon beserta isinya. Ia pun berharap, dukungan terus mengalir untuk kemajuan dan kesejahteraan Kota Cilegon.

"Kami harap Anda terus mendukung kemajuan dan kesejahteraan veteran di Kota Cilegon ini. Dalam konteks ini, Pak Wali sebagai pemimpin di Kota Cilegon telah berhasil melaksanakan niatnya dalam melindungi veteran," kata dia.

Pada kesempatan itu, Helldy menyampaikan rasa terima kasih atas apresiasi yang diberikan LVRI kepada dirinya. Ia menegaskan bahwa pemberian tempat yang layak untuk para veteran adalah bagian dari program yang telah dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon.

"Banyak program kami untuk para veteran. Termasuk setiap acara penting di Pemkot, mereka selalu kami undang dan kami tempatkan di kursi terdepan. Makanya, veteran di Cilegon meminta kepada pengurus veteran provinsi dan pusat untuk memberikan penghargaan," ucap Helldy.

Setelah menerima penghargaan tertinggi dari DPP LVRI, Helldy menyatakan bahwa masih ada pekerjaan rumah yang mesti dilakukan untuk kesejahteraan para veteran.

"Setelah ini, bukan berarti tidak berkelanjutan. Kami sudah berdiskusi dengan para veteran untuk menentukan langkah-langkah selanjutnya demi menyejahterakan mereka," ujarnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com