Advertorial

Serunya Makin Tau dari TikTok, Eksplorasi Konten SuperHacks Bermanfaat dengan Fitur ''Search'' TikTok

Kompas.com - 10/11/2023, 17:38 WIB

KOMPAS.com - Istilah lifehack semakin menjadi tren belakangan. Berbagai konten lifehack unik dan informatif pun berseliweran di berbagai platform, termasuk TikTok.

Lifehack sendiri merupakan sebutan untuk konten edukasi yang dapat membantu seseorang mencari alternatif cara dalam memecahkan masalah.

Istilah tersebut juga mengacu pada sekumpulan tip atau jalan pintas guna menyelesaikan permasalahan yang kerap muncul dalam kehidupan sehari-hari.

Platform TikTok memiliki beragam konten lifehack. Bahkan, tip-tip yang disajikan kreator konten TikTok cukup sederhana, tapi bermanfaat. Saking sederhananya, konten-konten lifehack itu biasa disebut superhacks.

Sebagai contoh, cara mencari ujung selotip toples kue nastar, trik agar tubuh terlihat lebih tinggi, cara hilangkan aroma tak sedap pada sepatu, dan tip menghilangkan back pain setelah bekerja seharian.

Kreator konten superhacks terdiri atas berbagai kalangan. Selebritas kenamaan Prilly Latuconsina, misalnya, juga tak mau ketinggalan membagikan konten superhacks di akun TikTok miliknya, @prillylatuconsina15.

Pada akun tersebut, Prilly membagikan beberapa superhacks bermanfaat, seperti cara menghilangkan mata panda pakai lipstik dan tip supaya air rebusan enggak luber dari panci.

Selain Prilly, kreator konten TikTok @Nanakoot juga membagikan superhacks praktis cara memeras lemon tanpa kupas atau dipotong-potong.

Kreator konten kuliner, Nanakoot, berbagi tip praktis peras lemon lewat konten superhacks di akun TikTok @Nanakoot. Dok. Tangkapan layar TikTok @Nanakoot Kreator konten kuliner, Nanakoot, berbagi tip praktis peras lemon lewat konten superhacks di akun TikTok @Nanakoot.

Untuk diketahui, @Nanakoot merupakan pemenang “Best of Foodie TikTok Awards 2023”. Konten superhacks peras lemon ala @Nanakoot dibagikan sebanyak 1.261 kali serta mengantongi 179.600 like.

Beragam konten superhacks tersebut pun mendorong TikTok untuk meluncurkan kampanye #SuperHacks. Kampanye ini sejalan dengan misi TikTok untuk menjadi platform yang inklusif mendorong pengguna untuk menjadi diri sebenarnya, mengajak pengguna menemukan komunitas yang sesuai, serta berbagi inspirasi dan kebahagiaan yang berdampak positif bagi komunitas.

Lewat kampanye tersebut, TikTok mengajak pengguna untuk berbagi konten seputar lifehack seru yang informatif dan bermanfaat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pengguna cukup membubuhkan tagar #SuperHacks di konten lifehack-nya untuk ikut kampanye tersebut.

Jelajah konten pakai fitur “Search”

Pengguna TikTok bisa mencari konten superhacks yang menghibur, informatif, dan kreatif menggunakan fitur “Search” atau “Pencarian”.

Lewat fitur “Search”, kamu bisa menemukan konten-konten bermanfaat yang relevan sesuai minat dan preferensi.

Cara melakukan pencarian konten di Tiktok pun mudah. Berikut adalah langkah-langkah mencari pengguna, video, suara, LIVE, dan tagar di TikTok.

  1. Ketuk ikon pencarian di kanan atas layar.
  2. Masukkan keyword apa saja yang ingin dicari dalam bilah pencarian, lalu ketuk "Cari". Tuliskan secara spesifik hal yang ingin dicari. Misalnya, mengetikkan nama konten atau nama pengguna kreator.
  3. Selanjutnya, hasil pencarian paling relevan akan ditampilkan di tab teratas.
  4. Berikutnya, jelajahi tabpencarian lain, baik pengguna, video, suara, LIVE, maupun tagar, untuk konten-konten terkait.

Sebagai informasi, selain menggandeng Prilly Latuconsina dan Nanakoot, TikTok juga menggandeng beberapa konten kreator TikTok dalam kampanye #SuperHacks.

Mereka adalah selebritas sekaligus Nomine Celebrity of The Year TikTok Awards 2023 Rafael Tan @rafaell_1616, Nomine Best of Fashion and Beauty TikTok Awards 2023 Rey Nathanael @rey_nathanael13, serta Nomine Best of Learning and Education TikTok Awards 2023 Samuel Chris @miliardermudaindonesia.

Yuk, cari dan temukan superhacks bermanfaat di TikTok by searching #SuperHacks. Jangan ketinggalan, rasakan juga serunya makin tahu dari TikTok yang bikin kamu tahu dan belajar banyak hal.

Tak lupa, bagikan pula superhacks bermanfaat ala kamu dan ikuti Hashtag Challenge #SuperHacks di TikTok! klik disini untuk cari tahu lebih lanjut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com