Advertorial

Berdayakan Pegiat Seni Lokal, Pemkab Klaten Gelar Festival Reog di 26 Kecamatan

Kompas.com - 10/11/2023, 17:41 WIB

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menggelar Festival Reog di 26 kecamatan yang dimulai dari Kamis (9/11/2023) hingga Kamis (23/11/2023).

Festival tersebut diawali dengan pertunjukan reog di Desa Mlese, Kecamatan Gantiwarno dan Desa Bulurejo, Kecamatan Juwiring.

Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan, kegiatan tersebut melibatkan puluhan grup reog dan ratusan seniman reog lokal serta menjadi bentuk pemberdayaan pelaku dan pegiat seni di Kabupaten Klaten.

“Salah satu tujuan penyelenggaraan festival reog ini untuk memberdayakan seniman lokal. Kegiatannya juga digelar di seluruh wilayah kecamatan di Klaten secara bergantian,” tutur Sri dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (10/11/2023).

Selain itu, kegiatan tersebut juga sebagai upaya Pemkab Klaten dalam membangkitkan ekonomi masyarakat berbasis wilayah.

Hal ini dikarenakan bahwa kegiatan seni budaya yang diminati masyarakat tidak hanya digelar secara terpusat di tingkat kabupaten, tetapi tersebar di seluruh wilayah.

“Festival ini juga sebagai hiburan bagi masyarakat. Karena event seni budaya selalu diminati oleh masyarakat, diharapkan melalui kegiatan ini, ekonomi masyarakat semakin tumbuh dan pertumbuhannya merata di seluruh wilayah,” tambah Sri.

Di sisi lain, Bupati Klaten berharap, dengan kegiatan seni budaya yang digelar secara masif, dapat meningkatkan persatuan masyarakat sehingga tidak terlalu terpengaruh dengan dinamika politik yang meningkat menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Saya berharap, lewat kesenian ini masyarakat tetap guyup, meskipun semakin mendekati tahun politik. Bagaimanapun, dinamika politik yang terjadi, saya berharap tidak memengaruhi kondusifitas dan persatuan masyarakat,” tutur Sri.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com