Advertorial

HUT Ke-8, Ninja Xpress Perkuat Komitmen Dukung UKM dengan Ekosistem Logistik Terintegrasi

Kompas.com - 10/11/2023, 18:58 WIB

KOMPAS.com – Bertepatan dengan momentum ulang tahun Ninja Xpress yang ke-8, Ninja Xpress memperkuat komitmennya untuk mendukung para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dalam mengembangkan bisnis lewat penyediaan ekosistem logistik yang terintegrasi.

Ekosistem logistik terintegrasi Ninja Xpress terdiri dari layanan kurir dengan pengiriman reguler dan same day delivery. Layanan ini dilengkapi warehouse bermesin dimension weight and scanning (DWS) untuk mengukur keakuratan paket yang dikirim.

Kemudian, ada pula penyediaan gudang melalui Ninja Fulfillment dan pengadaan bahan baku dari luar negeri lewat Ninja Direct.

Tak hanya itu, Ninja Xpress juga memiliki program Ninja Xpress Seller Booster yang terdiri dari Creative Business Solution yang berupa bantuan promosi dan pemasaran, dan Ninja Reward, yakni poin pengiriman yang dapat ditukar dengan berbagai hadiah menarik, mulai dari fasilitas pemasaran endorsement hingga umrah.

Program Ninja Xpress Seller Booster sendiri telah dimanfaatkan oleh lebih dari 8.000 shipper, sebutan bagi pelaku usaha pengguna layanan pengiriman Ninja Xpress, untuk meningkatkan penjualan.

Terbaru, Ninja Xpress menghadirkan Ninja Studio, yakni community hub untuk UKM. Fasilitas ini memberikan ruang bagi pelaku UKM untuk mengeksplorasi dan mengadakan berbagai kegiatan edukasi dan menjalin relasi guna meningkatkan bisnis. Beberapa UKM yang sudah memanfaatkan fasilitas tersebut di antaranya adalah Petik Tea Bar, Heirloom, dan Bakmi Taat.

-Dok. Ninja Xpress -

Chief of Marketing (CMO) Ninja Xpress Andi Djoewarsa menuturkan, seluruh karyawan Ninja Xpress memiliki komitmen “Siap Bantu Sampai Tujuan” untuk mendukung perkembangan bisnis UKM. Salah satu caranya adalah dengan memberikan layanan logistik terbaik dan terintegrasi agar usaha dapat berjalan dengan biaya lebih hemat.

“Kami juga ingin selalu memperbaiki dan meningkatkan layanan dengan melihat data pengiriman dan melakukan survei, seperti Suara UKM Negeri,” tuturnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat.

Selain bersinergi dengan pelaku UKM, Ninja Xpress juga berambisi membantu UKM menjangkau pasar global agar naik kelas dengan layanan International Delivery.

Melalui layanan tersebut, pelaku UKM bisa dengan mudah melakukan pengiriman barang ke luar negeri, khususnya ke Singapura dan Malaysia, secara end-to-end, mulai dari pengurusan dokumen sampai dengan penyediaan fasilitas cash-on-delivery (COD) lintas negara.

Dukungan itu direalisasikan dengan memfasilitasi UKM untuk dapat menjual produk di platform e-commerce Mallindo yang khusus menjual produk Indonesia di Malaysia.

Salah satu UKM yang telah memanfaatkan layanan International Delivery Ninja Xpress adalah PT Swayasa Prakarsa (Gamafood) dengan aneka produk herbal, seperti wedang uwuh.

“Kami menemukan fakta bahwa ternyata, produk kami cukup diterima di sana (Malaysia). Ada prospek yang baik (di Malaysia). Kerja sama dengan Ninja Xpress sangat membantu karena komunikasinya mudah dan (proses) administrasi yang tidak ribet. Semoga (kami) dapat terus bekerja sama dengan Ninja Xpress dan Mallindo,” tutur Direktur Gamafood Bondan Ardiningtyas.

Sebagai apresiasi untuk para shipper, Ninja Xpress memberikan potongan biaya pengiriman sebesar 40 persen tanpa syarat dengan melakukan pengiriman menggunakan aplikasi Ninja Biz.

Untuk diketahui, Ninja Biz adalah aplikasi pengiriman barang Ninja Xpress secara mudah dan cepat. Shipper bisa mengirimkan barang dan membayar biaya layanan saat barang telah sampai atau setelah invoice atau faktur keluar. Lewat aplikasi ini, shipper juga bisa mengatur jadwal penjemputan. 

“Kami berterima kasih kepada seluruh stakeholder dan partner yang telah turut mendukung Ninja Xpress selama delapan tahun sehingga kami bisa terus mendukung UKM Indonesia,” ucap Andi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com