Advertorial

Kemendikbudristek Buka Pendaftaran Program Kampus Mengajar untuk 28.500 Mahasiswa

Kompas.com - 11/11/2023, 16:29 WIB

KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka pendaftaran program Kampus Mengajar Angkatan ke-7 pada Rabu (1/11/2023) hingga Jumat (24/11/2023).

Lewat program tersebut, mahasiswa sarjana dan vokasi di seluruh Indonesia diajak untuk belajar di luar kelas serta mengasah kompetensi melalui kegiatan asistensi pembelajaran bersama guru di satuan pendidikan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Sejak diluncurkan pada 2020, program Kampus Mengajar telah menerjunkan lebih dari 112.000 mahasiswa ke 23.000 lebih sekolah sasaran.

Dari penugasan itu, Kemendikbudristek berharap dapat meningkatkan pembelajaran literasi dan numerasi peserta didik di sekolah, keterampilan dan penguatan karakter siswa, serta kompetensi mahasiswa sehingga mereka siap terjun ke dunia kerja.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek Sri Suning Kusumawardani mengatakan, lewat program itu, mahasiswa dapat mengasah berbagai kompetensi, seperti kemampuan komunikasi, kerja sama, kepemimpinan, cara berpikir kreatif, dan pemecahan masalah.

“Pengalaman mengikuti program Kampus Mengajar selama beberapa bulan bisa menjadi cerita unik sekaligus memperkuat kepekaan sosial mahasiswa dengan melihat secara langsung kondisi pendidikan di Indonesia,” ujar Suning dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (11/11/2023).

Dia juga berharap, program itu dapat menjadi perjalanan dalam menemukan arti sejati dari pentingnya pendidikan.

Hal senada disampaikan Kepala Program Kampus Mengajar dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka Asri Aldila Putri. Menurutnya, kehadiran mahasiswa bisa menjadi jembatan bagi anak-anak di sekolah untuk menggapai impian mereka.

“Kehadiran teman-teman mahasiswa akan membuka jendela ke dunia yang lebih luas bagi anak-anak di setiap sudut Nusantara. Teman-teman mahasiswa juga dapat meyakinkan mereka bahwa impian dapat menjadi kenyataan,” tutur Asri.

Untuk diketahui, Program Kampus Mengajar Angkatan ke-7 menargetkan 5.700 sekolah sasaran. Dengan target ini, Kemendikbudristek optimistis bahwa dampak yang diberikan bisa terus ditingkatkan, terutama dengan terlibatnya SMK sebagai sekolah sasaran sejak penugasan angkatan keenam.

Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran program Kampus Mengajar Angkatan 7 dapat diakses melalui Instagram resmi Kampus Mengajar @kampusmengajar, laman MBKM Program Kampus Mengajar https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/mengajar, atau dengan mengirimkan e-mail ke kampus.mengajar@kemdikbud.go.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com