Advertorial

Kemendikbudristek Gelar Program PMM, Pendaftaran Dibuka hingga Awal Desember 2023

Kompas.com - 11/11/2023, 18:08 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan kembali menyelenggarakan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM).

Dengan program PMM, mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman belajar sekaligus memperkuat wawasan kebangsaan dan persatuan dalam keberagaman di berbagai perguruan tinggi di Indonesia selama satu semester.

Program PMM dapat diikuti mahasiswa aktif pada perguruan tinggi di bawah koordinasi Kemendikbudristek. Pendaftaran peserta PMM Angkatan ke-4 dibuka hingga awal Desember 2023, sedangkan pelaksanaan program akan dimulai pada awal 2024 mendatang.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek Sri Suning Kusumawardani mengatakan, lewat PMM, imahasiswa diberikan kesempatan untuk bisa merasakan pertukaran nilai-nilai budaya di universitas lain.

“Pada saat bersamaan, mereka akan mengasah berbagai kompetensi, seperti komunikasi interpersonal, kemampuan beradaptasi, kreativitas, dan memperkuat toleransi,” ujarnya dalam siaran persnya, Sabtu (11/11/2023).

Sri mengatakan, pengalaman belajar dan hidup di tengah budaya yang baru dapat membentuk mahasiswa menjadi pribadi yang lebih dewasa, adaptif, dan toleran terhadap berbagai perbedaan.

Salah satu keunikan dari program PMM adalah adanya mata kuliah khusus bertajuk Modul Nusantara. Modul ini mewadahi mahasiswa untuk mempelajari sejarah, kebudayaan, dan ragam adat istiadat masyarakat lokal saat mengikuti program PMM.

Rangkaian kegiatan Modul Nusantara, meliputi aspek kebhinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial. Modul ini difokuskan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang kekayaan budaya nusantara.

Melalui proses pembelajaran tersebut, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dan wawasan baru tentang nilai-nilai kebhinekaan, menjalin pertemanan lintas budaya dan adat istiadat, serta mengembangkan berbagai keterampilan penting, seperti kepekaan sosial dan kemampuan beradaptasi.

Selain itu, mahasiswa yang mengikuti program PMM juga akan memperoleh pengakuan hasil belajar berupa satuan kredit semester (sks) senilai hingga 20 sks.

Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi Kemendikbudristek Beny Bandanadjaja mengatakan, dengan perluasan dimensi pembelajaran melalui program PMM, pihaknya dapat menciptakan generasi calon pemimpin bangsa.

“Mereka tidak hanya memiliki pengetahuan akademik yang kuat, tetapi juga memiliki keterampilan yang relevan dan kesiapan untuk menghadapi tantangan global,” katanya.

Beny mengatakan, mahasiswa akan menjadi sumber daya manusia (SDM) yang unggul serta mampu berkontribusi pada perkembangan sosial budaya di masa depan.

Untuk diketahui, pada tiga angkatan sebelumnya, program PMM telah diikuti lebih dari 39.000 mahasiswa. Rinciannya adalah PMM Angkatan ke-1 diikuti oleh 11.464 mahasiswa dari 252 perguruan tinggi. PMM Angkatan ke-2 dikuti 12.617 mahasiswa dari 479 perguruan tinggi. Kemudian, PMM Angkatan ke-3 diikuti 15.286 mahasiswa dari 710 perguruan tinggi.

Kuota peserta yang disediakan untuk PMM Angkatan ke-4 mencapai 15.505 mahasiswa. Dengan kuota diharapankan dapat memfasilitasi lebih banyak mahasiswa untuk memperoleh manfaat dari kegiatan PMM.

Kepala Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dan Kampus Mengajar Asri Aldila Putri mengatakan, pihaknya mendapatkan banyak cerita baik dari peserta dan penyelenggaraan program PMM.

“Mahasiswa mendapatkan pengalaman untuk mengenal budaya yang berbeda, belajar berbaur dengan masyarakat dan sivitas akademika di perguruan tinggi yang baru, dan mendapatkan keluarga dan teman-teman baru,” jelasnya.

Asri juga mengatakan, kecintaan mahasiswa terhadap Tanah Air jauh meningkat setelah mengikuti program PMM.

Adapun kriteria mahasiswa yang dapat mengikuti program PMM adalah mahasiswa aktif untuk tingkatan studi D3, D4, atau S1 yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). Pada saat pendaftaran berlangsung, mahasiswa minimal telah berada di tingkat semester tiga perkuliahan.

Informasi pendaftaran serta penjelasan lebih lanjut terkait program PMM dapat diakses melalui laman pmm.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com