Advertorial

Kado HUT ke-69, Unair Masuk Peringkat 15 Kampus Terbaik di Asia Tenggara

Kompas.com - 13/11/2023, 15:03 WIB

KOMPAS.com – Universitas Airlangga (Unair) berhasil mempertahankan posisi sebagai salah satu kampus top di Indonesia dan dunia.

Per November 2023, Quacquarelli Symonds Asia University Rankings (QS AUR) menempatkan Unair di posisi 67 kampus terbaik di Asia dan 15 terbaik di Asia Tenggara.

Dari segi indikator penentu peringkat, Unair menduduki peringkat 47 untuk Employer Reputation, peringkat 53 untuk International Faculty Ratio, peringkat 56 untuk Academic Reputation, peringkat 59 untuk Inbound Exchange Student, dan peringkat 77 untuk Outbound Exchange Student.

Lima indikator itu menjadi tolok ukur QS AUR dalam menentukan kualitas dan relevansi pendidikan yang dilaksanakan.

Rektor Unair Prof Dr Moh Nasih SE, MT, Ak menuturkan bahwa peringkat tersebut menjadi kado istimewa bagi Unair yang baru saja memasuki usia ke-69.

Di usianya yang tak lagi muda, sambungnya, capaian tersebut adalah bukti bahwa perbaikan dari sisi pendidikan dan pengajaran Unair demi menghasilkan dampak yang signifikan.

“Kami berharap Unair akan terus memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat,” tutur Prof Nasih dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (13/11/2023).

Prof Nasih berharap, Unair dapat terus memberikan kontribusi riset dan inovasi. Tak sekadar dalam bentuk abstrak, tetapi juga hingga level hilir.

Menurutnya, ilmu pengetahuan dan teknologi yang maju mencerminkan bangsa yang maju. Hal ini senada dengan misi Unair, yakni sebagai pelopor pengembangan ilmu pengetahuan.

“Posisi Unair di tingkat nasional dan dunia harus kita pertahankan dan disesuaikan dengan moralitas semboyan excellence with morality,” tambah Prof Nasih.

Terakhir, Prof Nasih memaparkan bahwa kiat menjadi kampus dunia adalah dengan menggerakkan seluruh komponen untuk berkomitmen terhadap visi yang ada.

Pasalnya, Iklim pendidikan yang berkualitas lahir dari ikhtiar dan kolaborasi yang solid seluruh sivitas akademika. Dengan begitu, capaian-capaian membanggakan bisa dirasakan bersama.

“Kebersamaan ini yang mengantarkan Unair sukses meraih berbagai macam prestasi,” ujar Prof Nasih.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com