Advertorial

Anak Alergi Susu Sapi? Bunda, Yuk Kenali Manfaat Susu Soya

Kompas.com - 13/11/2023, 17:15 WIB

KOMPAS.com - Untuk memberikan nutrisi yang optimal bagi anak, tak jarang orangtua memberikan susu sapi. Nutrisi yang terkandung dalam susu formula sapi dinilai cocok untuk memenuhi kebutuhan anak karena mengandung protein, lemak, karbohidrat, lemak, serta mineral, seperti kalsium dan zat besi.

Meski niatnya baik, tetapi tak seluruh anak bisa mengonsumsi susu sapi. Beberapa anak bisa saja mengalami alergi terhadap susu sapi karena memiliki kondisi sensitif protein susu sapi atau intoleransi terhadap laktosa. Jika mengonsumsinya, mereka akan mengalami berbagai gejala, seperti perut kembung, nyeri perut, diare, dan sering buang angin. Sebagai alternatif, orangtua dapat memberikan susu formula berbahan soya kepada mereka.

Meski ada opsi lain, tak sedikit orangtua yang memandang sebelah mata susu formula soya. Pasalnya, mereka sudah terbiasa memberikan susu formula sapi kepada anaknya. Hal ini membuat mereka ragu untuk beralih dari susu sapi.

Padahal, susu formula soya juga memiliki berbagai macam kebaikan seperti susu sapi. Susu ini diformulasikan dari isolat protein soya dan berbagai nutrisi lainnya yang sesuai dengan kebutuhan bayi dan anak-anak.

Lalu, apa saja manfaat susu formula soya? Simak ulasan berikut.

  1. Nutrisi setara susu sapi

Susu formula berbahan soya memiliki nutrisi setara susu sapi, terutama pada kadar protein, energi, dan kalsium. Protein susu soya telah diformulasikan secara khusus supaya mirip dengan profil asam amino susu sapi.

Dengan demikian, anak yang tidak dapat mengonsumsi produk susu hewani tetap dapat mendapatkan protein yang cukup dari susu soya.

Tak kalah dengan susu sapi, susu formula soya juga mengandung serat, prebiotik, asam lemak omega 3 dan 6, vitamin B kompleks, vitamin D, E, K, folat, kalsium, magnesium, zat besi, dan zink.

Nutrisi tersebut sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak yang optimal, melindungi fungsi sistem pencernaan, dan mendukung kemampuan berpikir.

  1. Baik untuk pencernaan

Susu formula soya mengandung serat, prebiotik FOS, dan protein nabati yang baik untuk pencernaan.

Serat dapat membantu menjaga jumlah bakteri baik di usus, menjaga kualitas tinja, dan mempermudah anak saat buang air besar. Sementara itu, prebiotik merupakan makanan bagi bakteri baik di usus yang berperan penting dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan.

  1. Menjaga daya tahan tubuh

Tak kalah dengan susu sapi, susu formula nabati mengandung berbagai nutrisi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, seperti protein nabati, serat, prebiotik, serta lemak nabati.

Protein nabati dapat membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh serta membentuk antibodi untuk melawan infeksi.

Selanjutnya, serat dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan serta mencegah masalah seperti sembelit, kembung, atau diare.

Sementara itu, prebiotik merupakan zat yang dapat memberi makan bakteri baik di usus. Prebiotik dapat membantu menjaga keseimbangan mikroflora usus. Mikroflora usus yang sehat dapat melindungi tubuh anak dari infeksi, alergi, dan peradangan.

Lalu, asam lemak berperan sebagai bahan bakar metabolisme sel-sel imun. Selain itu, asam lemak juga berfungsi sebagai komponen esensial untuk semua membran, regulator gen, dan modulator aktivitas sel imun. Susu formula soya mengandung lemak nabati yang sehat, seperti asam lemak omega 3 dan omega 6.

Omega 3 dan omega 6 dapat membantu mengatur peradangan, meningkatkan fungsi otak, serta mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak.

  1. Mengurangi kadar lemak jahat

Protein nabati memiliki sifat antikolesterol yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Dengan demikian, susu formula soya dapat membantu menurunkan berat badan buah hati yang disebabkan kadar lemak jahat yang tinggi.

Selain itu, susu formula soya dianggap efektif menyeimbangkan kadar lemak baik dan lemak jahat dalam tubuh. Kandungan asam lemak omega-3 pada susu ini memiliki sifat antikolestrol. Hal ini membuat asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

Itulah kebaikan susu formula soya yang patut Bunda ketahui. Salah satu susu formula soya pilihan untuk memenuhi kebutuhan gizi anaknya adalah Morinaga Chil Kid Soya.

Sebagai informasi, Morinaga Chil Kid Soya mengandung isolate protein yang sudah diperkaya dengan L-Metionin, Sistein, Taurin, Karnitin, dan Asam Amino Esensial lain untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Susu tersebut memiliki nutrisi lengkap setara susu sapi sehingga cocok untuk anak dengan alergi susu sapi, intoleransi laktosa, atau menderita galaktosemia.

Dengan kandungan MoriCare+ Triple Bifidus, susu pertumbuhan ini menjadi satu-satunya susu formula tinggi protein soya dengan kandungan sinergi probiotik triple bifidus dan serat pangan FOS.

Kedua kandungan gizi tersebut telah teruji secara klinis dapat meningkatkan kesehatan imun serta mengurangi gejala alergi susu sapi pada anak.

Selain itu, Morinaga Chil Kid Soya juga hadir dengan nutrisi yang disempurnakan, seperti kandungan DHA lebih tinggi, protein, omega 6 dan 3, Kolin, serta 14 vitamin dan 9 mineral, yang penting untuk tumbuh kembang optimal.

Dengan kandungan gizi tersebut, Bunda tidak perlu khawatir karena susu formula soya setara dengan susu sapi. Sebab, Morinaga Chil Kid Soya akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Si Kecil agar menjadi generasi platinum yang multitalenta.

Morinaga Chil Kid Soya Moricare+ Triple Bifidus memiliki dua varian rasa, yakni Madu dan Vanila yang disukai anak-anak.

Mulai sekarang, Bunda dapat mendukung tumbuh kembang Si Kecil dengan Morinaga Chil Kid Soya yang memiliki nutrisi lengkap.

Untuk mendapatkan produk Morinaga Chil Kid Soya, silakan klik tautan ini.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com