Advertorial

Tren Elektrifikasi, Ini Deretan Mobil Listrik Toyota Sesuai Jenis dan Kebutuhan Pengguna

Kompas.com - 14/11/2023, 18:39 WIB

KOMPAS.com - Tren elektrifikasi di dunia otomotif, khususnya roda empat, semakin meningkat seiring tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan mengurangi emisi gas buang.

Berdasarkan laporan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil listrik di Tanah Air pada semester satu 2023 mencapai 23.154 unit. Angka ini melesat tinggi dari keseluruhan 2022 yang hanya terjual sebanyak 15.437 unit.

Selain dipengaruhi kesadaran masyarakat, banyaknya produsen otomotif yang menghadirkan kendaraan listrik dengan desain dan mesin mumpuni juga jadi salah satu faktor memengaruhi peningkatan tersebut.

Adapun salah satu produsen otomotif di Indonesia yang memiliki produk kendaraan listrik berkualitas adalah Toyota.

Perusahaan asal Jepang tersebut punya sejumlah produk mobil listrik di setiap kategori, mulai dari hybrid electric vehicle (HEV), plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), battery electric vehicle (BEV). Berikut kendaraan listrik dari Toyota berdasarkan kategorinya.

  1. HEV

Meski termasuk ke dalam kendaraan listrik, jenis ini masih mengandalkan mesin konvensional sebagai motor penggerak utamanya.

Mesin tersebut diberi motor listrik sebagai sumber tenaga tambahan yang mengambil tenaganya dari baterai. Umumnya, mobil hibrida jenis ini tidak membutuhkan stasiun pengecasan.

Adapun untuk pengisian daya baterai mobil HEV didapat dari hasil kinerja mesin dan pengereman.

Mobil hybrid mengonsumsi bahan bakar lebih irit hingga dua kali dibandingkan mobil konvensional.

Untuk Toyota, salah satu kendaraan berjenis HEV dari produsen ini adalah Toyota Corolla Cross Hybrid.

Mobil tersebut merupakan sport utility vehicle (SUV) kompak yang menggabungkan mesin bensin 1.8 liter dengan motor listrik 53 kW. Dengan mesin itu, mobil ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 121 hp dan torsi maksimal 142 Nm.

Yaris Cross HEV. Dok. Toyota Yaris Cross HEV.

Toyota Corolla Cross Hybrid cocok untuk pengguna yang ingin memiliki mobil SUV dengan desain modern dan fitur canggih serta hemat bahan bakar.

Ada pula Yaris Cross HEV dan All New Kijang Innova Zenix HEV yang hadir dengan fitur tak jauh berbeda dengan versi konvensional.

Anda yang memiliki kendaraan harian dan dapat digunakan untuk menunjang kenyaman bersama keluarga dapat mempertimbangkan kendaraan tersebut.

  1. PHEV

Mirip dengan HEV, PHEV adalah jenis kendaraan yang memadukan mesin konvensional dan mesin dari baterai atau listrik. Namun, pengisian daya kendaraan PHEV bisa dilakukan melalui wall charger.

Tak hanya itu, pada mobil PHEV, tangki bensin juga berfungsi menampung bahan bakar sehingga dapat digunakan saat baterai kendaraan habis.

Mobil listrik PHEV sendiri umumnya cocok digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, khususnya di perkotaan yang memiliki infrastruktur pengisian listrik memadai.

Untuk kendaraan berjenis PHEV, Toyota sendiri baru mengeluarkan kendaraan teranyarnya untuk kategori ini, yakni All New RAV4 GR Sport PHEV.

RAV4 GR Sport PHEV.Dok. TAM RAV4 GR Sport PHEV.

Mobil berjenis SUV tersebut dilengkapi dengan mesin berperforma tinggi, desain sporty, dan fitur hiburan lengkap.

Interior mobil itu pun tampak mewah karena memiliki ruang kabin lega dengan jok berbahan kulit, head up display, dan layar sentuh 10,3 inci.

All New RAV4 GR Sport PHEV dilengkapi oleh mesin 2.5 liter dengan teknologi hybrid generasi kelima yang mampu memberikan tenaga 306 PS dan torsi 227 Nm.

All New RAV4 GR Sport PHEV juga bisa diisi ulang listriknya dari sumber eksternal, dan memiliki jangkauan listrik hingga 95 km.

Selain All New RAV4 GR Sport PHEV, ada juga Prius PHEV berjenis sedan yang bisa Anda pertimbangkan.

  1. BEV

Jenis mobil listrik selanjutnya adalah BEV. Kendaraan ini berbeda dengan dua jenis lainnya karena sumber tenaga mobil ini murni mengandalkan baterai.

Oleh karena itu, kapasitas baterai kendaraan BEV jadi yang paling besar. Hal ini membuat Mobil BEV lebih efisien dan irit ketimbang jenis mobil listrik lainnya.

All New BZ4X BEV.Dok. Tam All New BZ4X BEV.

Pada kategori ini, salah satu kendaraan unggulan yang dimiliki oleh Toyota adalah All New BZ4X BEV.

Mobil ini cocok bagi Anda yang mencari kendaraan ramah lingkungan dengan desain futuristik, ruang kabin luas, dan fitur keselamatan canggih.

All New BZ4X BEV memiliki mesin listrik dengan teknologi Electric Toyota New Global Architecture (e-TNGA) yang mampu memberikan tenaga 204 PS dan torsi 270 Nm.

Itulah jenis-jenis mobil listrik dari Toyota yang beredar di pasar Indonesia. Setelah mengetahui jenis-jenisnya, Anda bisa memilih mobil listrik sesuai kebutuhan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai semua jenis kendaran listrik dari Toyota, klik tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com