Advertorial

Penderita Diabetes Tetap Sehat dengan Menerapkan 4 Kebiasaan Ini

Kompas.com - 14/11/2023, 20:26 WIB

KOMPAS.com - Hari Diabetes Sedunia atau World Diabetes Day jatuh setiap tanggal 14 November hadir sebagai pengingat kepada masyarakat dunia untuk menerapkan gaya hidup sehat agar terhindar dari risiko penyakit diabetes melitus.

Sebagai informasi, penyakit diabetes terbagi dalam dua jenis, yakni diabetes melitus tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 1 merupakan kondisi kronis saat pankreas tidak dapat memproduksi insulin sama sekali. Biasanya, diabetes tipe ini disebabkan oleh gangguan autoimun.

Sementara, diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh menjadi resisten terhadap insulin serta gula menumpuk di dalam darah. Pada kondisi ini, tubuh tidak memproduksi cukup insulin atau justru menolak insulin.


Ada sejumlah faktor penyebab diabetes tipe 2. Salah satunya, gaya hidup pasif alias minim bergerak dan olahraga, pola makan tak seimbang, obesitas, serta pertambahan usia.

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan para diabetesi agar tetap sehat? Berikut Kompas.com rangkumkan empat kebiasaan yang dapat diterapkan para diabetesi.

  1. Ganti gula dengan pengganti gula nol kalori

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar diabetesi tetap sehat adalah mengonsumsi gula nol kalori. Pengganti gula yang dapat dikonsumsi adalah pemanis alami yang berasal dari tanaman Stevia rebaudiana.

Pemanis tersebut bebas kalori dan tidak menaikkan kadar gula darah sehingga dapat dikonsumsi untuk mengontrol gula darah.

Pengganti gula berikutnya adalah sukralosa. Untuk diketahui, sukralosa merupakan gula pengganti tanpa kalori yang dapat menggantikan gula pasir dalam makanan dan minuman diabetesi. Sukralosa pun cocok digunakan untuk memasak serta tetap memiliki cita rasa manis yang stabil.

Adapun sukralosa terkandung dalam nutrisi pengganti makan yang lengkap untuk para diabetesi, yaitu Diabetasol.

  1. Olahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur juga dapat diterapkan agar diabetesi tetap sehat. Jenis olahraga yang diterapkan pun dapat disesuaikan dengan preferensi. Salah satunya, berjalan kaki.

Tidak perlu waktu lama, dengan 20-30 menit berjalan kaki setiap hari, Anda dapat mengontrol kadar gula darah dengan baik. Pasalnya, ketika berjalan kaki, otot menggunakan lebih banyak glukosa dalam darah.

Olahraga lain yang dapat dipilih adalah bersepeda secara rutin. Selain bisa menurunkan gula darah, olahraga ini dapat melatih sendi-sendi tubuh sehingga tetap kuat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

  1. Konsultasi dengan dokter dan cek gula darah

Di samping menerapkan langkah-langkah tersebut, kebiasaan yang tak kalah penting para diabetesi adalah berkonsultasi ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatannya.

Selain itu, cek kadar gula darah secara berkala ke dokter ataupun pusat layanan kesehatan guna mengidentifikasi kadar gula darah harian.

  1. Konsumsi nutrisi khusus untuk kontrol gula darah

Menerapkan pola makan sehat adalah kunci penting agar terhindar dari diabetes tipe 2. Salah satunya, dengan mengonsumsi sumber pangan yang kaya nutrisi atau nutrisi khusus untuk diabetes.

Mengonsumsi ikan, misalnya, bahan pangan ini mengandung asam lemak omega 3 DHA dan EPA yang dapat menurunkan risiko jantung serta menjaga kadar gula darah.

Selain itu, konsumsi pula sayur berwarna hijau yang kaya akan vitamin, mineral, dan berbagai esensial, seperti sawi, bayam, pakcoi, dan brokoli.

Anda juga perlu mengonsumsi buah-buahan yang kaya antioksidan, seperti stroberi dan blueberry. Apalagi, buah kelompok beri mengandung serat tinggi serta mineral dan vitamin esensial yang membantu peningkatan kadar gula darah.

Itulah empat kebiasaan yang dapat diterapkan para diabetesi tetap sehat dengan diabetes terkontrol.

Selain menerapkan langkah-langkah tersebut, tak kalah penting adalah mengonsumsi nutrisi khusus untuk diabetes. Pasalnya, komposisi nutrisi tersebut sudah disesuaikan dengan kebutuhan untuk mengontrol gula darah.

Adapun salah satu nutrisi khusus yang dapat dikonsumsi sehari-hari bagi para diabetesi adalah Diabetasol. Produk ini adalah asupan nutrisi pengganti makan yang lengkap dan seimbang untuk para diabetesi.

Salah satu kandungan dalam Diabetasol adalah Vita Digest yang mengandung isomaltosa. Isomaltulosa tersebut baik untuk mengontrol gula darah, karena memiliki indek glikemik yang rendah sehingga dicerna oleh tubuh secara perlahan.

Diabetasol juga dilengkapi dengan vitamin A, C, E, zink, protein, omega-3, dan tinggi serat, sehingga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh diabetesi, kesehatan pencernaan, serta menurunkan hipertensi dan kolesterol.

Selain itu, Diabetasol juga dilengkapi dengan tinggi kalsium dan vitamin D untuk menjada kesehatan tulang dan sendi.

Untuk mendapatkan manfaat optimal, diabetesi direkomendasikan untuk mengonsumsi Diabetasol dua kali sehari sebagai pengganti makan pagi dan sebelum tidur untuk kontrol gula darah yang baik.

Sebagai informasi, Diabetasol kini mempunyai varian baru, Diabetasol Almond Oat, yang diperkaya dengan kebaikan almond dan oat yang baik untuk mengontrol gula darah.

Diabetasol Almond Oat tersebut dapat di beli di Alfamart dan toko sekitar Anda. Untuk mendapatkan produk Diabetasol, klik tautan berikut.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com