Advertorial

Turunkan Angka Stunting, Pemkab Klaten Gelar Lomba Kreasi Gizi Isi Piringku

Kompas.com - 14/11/2023, 20:38 WIB

KOMPAS.com – Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinsos P3APPKB) Kabupaten Klaten menggelar Lomba Kreasi Gizi Program Isi Piringku di Grha Bung Karno (GBK), Kabupaten Klaten, Selasa (14/11/2023).

Adapun kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan keluarga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dari 26 kecamatan di lingkungan Kabupaten Klaten.

Kepala Dinsos P3APPKB Kabupaten Klaten Much Nasir mengatakan, lomba tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke—10 PKH.

Lomba tersebut juga digelar sebagai tindak lanjut lomba serupa yang digelar di tingkat desa dan kecamatan.

“Lomba Kreasi Gizi dimulai dari tingkat desa dan berlanjut ke babak penyisihan di tingkat kecamatan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga penerima manfaat sekaligus menegakkan pencegahan stunting di wilayah Kabupaten Klaten,” ujar Nasir dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Selasa (14/11/2023).

Untuk diketahui, lomba tersebut mewajibkan seluruh peserta membuat menu makan dalam satu piring maksimal senilai Rp 20.000 yang memenuhi nilai gizi cukup dan seimbang.

Para peserta yang merupakan ibu rumah tangga itu beradu kreativitas untuk menghadirkan ide komposisi menu yang bergizi, tapi menggugah selera untuk disantap.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Klaten Sri Mulyani mengapresiasi peserta lomba yang mampu berkreasi untuk menyajikan menu bernilai gizi cukup dan seimbang.

“Perlombaan ini merupakan sebuah strategi untuk mencapai target untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Klaten yang saat ini berada di angka 14,6 (persen). Kami berharap, lewat kegiatan ini, angka stunting dapat berada di bawah rata-rata. Target saya adalah di angka 11 (persen),” tutur Sri.

Ia berharap, hasil kreasi menu dalam Lomba Kreasi Gizi Program Isi Piringku tingkat kabupaten dapat menjadi pedoman keluarga di wilayahnya untuk menyajikan menu makan yang sehat dan bergizi seimbang.

“Sebarkan menu yang disajikan seluruh peserta kepada grup-grup di desa masing-masing agar informasi tersebar luas hingga tingkat RT dan RW. Ini adalah langkah kecil yang membawa nilai positif,” katanya.

Berikut adalah daftar pemenang Lomba Kreasi Gizi Isi Piringku tingkat Kabupaten Klaten.

  • Juara 1 Kecamatan Jatinom
  • Juara 2 Kecamatan Ceper
  • Juara 3 Kecamatan Kemalang
  • Juara Harapan 1 Kecamatan Trucuk
  • Juara Harapan 2 Kecamatan Wonosari
  • Juara Harapan 3 Kecamatan Ngawen

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com