Advertorial

Pemkab Tanah Laut Panen Padi Lokal dengan Produktivitas 6,5 Ton per Ha

Kompas.com - 14/11/2023, 20:49 WIB

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut (Tala) melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (Distanhorbun) melakukan panen padi varietas Siam Lani dengan produktivitas mencapai 6,5 ton per hektare di lahan belakang Kantor Distanhorbun, Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis (9/11/2023).

Penjabat (Pj) Bupati Tala Ir H Syamsir Rahman mengatakan, panen tersebut merupakan hasil kerja keras Distanhorbun Kabupaten Tala yang bekerja tanpa kenal lelah selama musim kering.

“Luar biasa, pada kondisi musim kering dan cuaca yang seperti ini, (kami bisa memanen padi). (Ini) berkat perjuangan yang sungguh-sungguh dan tidak mengenal waktu. Hasil tidak pernah mengkhianati usaha," ujar Pj Bupati Tala Samsyir dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (14/11/2023).

Syamsir melanjutkan, Pemkab Tala juga akan memastikan kondisi lahan pertanian yang tersebar di wilayahnya untuk tetap produktif. Selama musim kemarau, para petani di Kabupaten Tala kesusahan. Beberapa di antaranya bahkan mengalami gagal panen.

“(Untuk itu), kami akan bantu terjunkan petugas pengendali organisme pengganggu tumbuhan (POPT),” kata Syamsir.

Pj Bupati berharap, ketahanan pangan di Kabupaten Tala tetap terjaga. Dengan demikian, Kabupaten Tala dapat mempertahankan posisinya sebagai salah satu daerah dengan produktivitas padi tertinggi di Kalsel.

Sebagai informasi, pada acara tersebut, Pj Bupati Tala didampingi Kepala Distanhorbun Kabupaten Tala Ir Faried Widiyatmoko bersama jajarannya dan para penyuluh pertanian.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com