Advertorial

Stabilkan Harga di Peternak, Bulog Segera Salurkan Jagung Pakan

Kompas.com - 15/11/2023, 15:57 WIB

KOMPAS.com – Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) segera menyalurkan jagung pakan untuk menstabilkan harga di tingkat peternak. Penyaluran ditujukan kepada peternak sasaran atau koperasi peternak sasaran.

Bulog sendiri telah mendapatkan tugas dari pemerintah melalui Badan Pangan Nasional untuk mengimpor jagung pakan sebesar 500.000 ton secara bertahap. Impor ini ditujukan untuk mengatasi defisit produksi jagung pakan pada kuartal 4 2023.

Saat memantau kedatangan kapal pertama impor jagung pakan di Pelabuhan Teluk Lamong Surabaya, Jawa Timur, Rabu (14/11/2023), Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog Budi Waseso mengatakan bahwa sebanyak 20.000 ton jagung pakan impor telah tiba di Indonesia. Jagung pakan ini akan segera disalurkan untuk menstabilkan harga pakan di peternak.

“Hari ini, saya pastikan langsung kedatangan kapal pertama dari Vietnam sebanyak 20.000 ton jagung pakan. Ini merupakan kedatangan perdana dari penugasan tahap pertama sejumlah 250.000 ton. Adapun total penugasan yang diberikan kepada Bulog sebanyak 500.000 ton,” kata Buwas, panggilan akrab Dirut Perum Bulog, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (15/11/2023).

Buwas melanjutkan, jagung pakan impor akan segera dijual ke peternak sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah untuk meredam kenaikan harga jagung pakan yang saat ini terjadi.

"Kami sudah mengantongi daftar peternak yang akan mendapat jagung pakan ini dan kami optimistis, dengan impor ini, harga jagung pakan bisa segera turun," imbuh Buwas.

Sebagai informasi, pemerintah memutuskan untuk mengimpor jagung pakan lantaran harganya tak kunjung melandai.

Rata-rata harga jagung pakan di tingkat peternak secara nasional berada di kisaran Rp 7.000 per kilogram. Padahal, pemerintah menetapkan harga acuan penjualan (HAP) jagung pakan di tingkat peternak sebesar Rp 5.000 per kilogram.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com