Advertorial

Bupati Klaten Serap Aspirasi Masyarakat Desa Kahuman

Kompas.com - 16/11/2023, 10:42 WIB

KOMPAS.com – Bupati Klaten Sri Mulyani mendengarkan aspirasi masyarakat dalam program Sambang Warga yang digelar di Desa Kahuman, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Rabu (15/11/2023).

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk Asisten dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Direktur Utama (Dirut) Aneka Usaha, Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Camat Polanharjo, Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Polanharjo, karang taruna, relawan desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tamu undangan.

Sebagai informasi, program Sambang Warga bertujuan untuk membangun silaturahmi, memantau langsung pembangunan, serta menyerap aspirasi masyarakat.

“Acara ini juga sebagai sarana menyerap aspirasi dan mendengar permasalahan (yang dihadapi pemerintah dan masyarakat desa), seperti yang disampaikan Kades Kahuman,” kata Sri Mulyani dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (16/11/2023).

Pada kesempatan itu, Bupati Klaten juga menyerahkan beberapa bantuan kepada desa Kahuman. Rinciannya, bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) senilai Rp 12 juta, bantuan untuk 10 anak yatim dari Bank Klaten, serta bantuan jaminan hidup dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) untuk dua masyarakat.

Kemudian, bantuan sembako dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dan bantuan dari Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Sri Mulyani berharap agar bantuan tersebut dapat diterima dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

“Semoga bantuan diterima dan dimanfaatkan dengan baik,” jelas Sri Mulyani.

Kades Kahuman Ida Andung Prihatin mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten untuk pembangunan dan pemberian bantuan di wilayahnya.

“Kami juga meminta bantuan untuk mempercantik Gedung Pertemuan Si Santri (tempat Sambang Warga) dengan menambah plafon atau atap gedung,” jelas Ida.

Selain itu, Ida meminta bantuan untuk pembuatan Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS3R) dan perbaikan talud desa yang terdampak pembangunan tol.

Bupati Klaten pun menyatakan bahwa pihaknya bakal segera menindaklanjuti permohonan tersebut.

“Permintaan plafon di Gedung ini (Si Santri), TPS3R, dan talud akan ditindaklanjuti dan dianggarkan,” kata Sri Mulyani.

Selain mendengarkan aspirasi dan pemberian bantuan, Sambang Warga juga menyediakan layanan kesehatan gratis, pelayanan kependudukan, keluarga berencana (KB), informasi pendidikan, paket murah, serta bazar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Pada acara tersebut, Bupati Klaten juga meresmikan agrowisata Desa Kahuman, Pasar Desa Kahuman, dan Gedung Pertemuan Si Santri.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com