Advertorial

Investasi Lampaui Target, Wali Kota Cilegon Apresiasi Perusahaan di Cilegon

Kompas.com - 16/11/2023, 17:43 WIB

KOMPAS.com - Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menyampaikan bahwa nilai investasi Kota Cilegon pada 2023 berhasil melampaui target.

Hal tersebut ia sampaikan dalam acara Cilegon Business Forum And Investment Award 2023 di The Royale Krakatau, Cilegon, Banten, Kamis (16/11/2023).

Dari target Rp 13 triliun yang dicanangkan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon, Kota Baja berhasil meraih nilai investasi sebesar Rp 28 triliun.

Pada 2022, kata Helldy, realisasi investasi Cilegon cukup besar, yakni mencapai Rp 32 triliun. Padahal, nilai investasi di kota ini hanya Rp 17 triliun pada tahun sebelumnya karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

“Capaian tersebut diraih berkat kontribusi sejumlah perusahaan dalam kepatuhan, eksistensi, dan realisasi investasi di Cilegon,” kata Helldy dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (16/11/2023).

Atas kontribusi tersebut, Pemkot Cilegon memberikan penghargaan pada sejumlah perusahaan pada ajang Cilegon Business Forum And Investment Award 2023.

Penghargaan tersebut terbagi dalam tiga kategori, yakni Penanaman Modal Asing (PMA), Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Menurut Helldy, ajang Cilegon Business Forum And Investment Award 2023 dapat meningkatkan kolaborasi antara Pemkot Cilegon dan dunia industri. Sebab, keberadaan perusahaan dapat memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat Cilegon.

Ia juga mengapresiasi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cilegon yang telah menggelar acara tersebut.

“Pendapatan dari pajak perusahaan kami berikan sepenuhnya untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Kota Cilegon Hayati Nufus menjelaskan, kegiatan tersebut digelar untuk menciptakan iklim investasi yang baik antara industri dan Pemkot Cilegon. Acara ini digelar untuk kali pertama di Cilegon.

“Kehadiran industri di Cilegon ini sangat membantu pemerintah dan masyarakat. Oleh karena itu, saya ucapkan terima kasih atas kontribusi perusahaan yang telah membantu Pemkot Cilegon melampaui target investasi. Ke depan, mudah-mudahan kolaborasi pemkot dan industri semakin baik,” kata Hayati.

Sebagai informasi, penerima penghargaan Cilegon Business Forum And Investment Award 2023 untuk kategori PMA diraih oleh PT Lotte Chemical Indonesia, PT Indo Raya Tenaga, PT Nippon Shokubai Indonesia, PT Asahimas Chemical, PT Krakatau Posco, PT Mc Pet Film Indonesia, PT Indorama Petrochemicals, PT Mitsubishi Chemical Indonesia, PT Orbit Terminal Merak, dan PT Chandra Asri Petrochemical.

Selanjutnya, kategori PMDN diraih oleh PT Krakatau Medika, PT Guna Teguh Abadi, PT Krakatau Steel, PT Medika Loka Cilegon, PT Krakatau Bandar Samudera, PT Sentral Grain Terminal, PT Krakatau Sarana Properti, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Krakatau Daya Listrik, serta PT Timah Industri.

Sementara itu, untuk kategori UMKM, diberikan untuk Novi Sekarhati, Bawang Goreng Ceu Papay, Nidaurrohmah Gipang Efain, serta Jarnilah Kripik Pisang.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com