Advertorial

Jadi Pemenang Program Deliver Possibilities, 10 UMKM Disabilitas Ini Terima Bantuan Usaha dari J&T Express

Kompas.com - 16/11/2023, 19:07 WIB

KOMPAS.com – Perusahaan layanan pengiriman barang, J&T Express, mengumumkan sepuluh pemenang program pemberdayaan Deliver Possibilities.

Untuk diketahui, program Deliver Possibilities merupakan bentuk dukungan J&T Express terhadap pertumbuhan dan perkembangan pelaku bisnis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) disabilitas di Indonesia. Dengan begitu, mereka dapat berkontribusi pada ekonomi inklusif di Indonesia.

Program tersebut merupakan buah kerja sama J&T Express dengan komunitas pemberdayaan penyandang disabilitas, Menembus Batas.

Didukung Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), Deliver Possibilities berhasil menemukan ragam usaha kreatif, mulai dari fesyen, kriya, hingga food and beverage (F&B).

Adapun para pemenang program yang merupakan pelaku UMKM disabilitas mendapatkan hadiah berupa dukungan pendanaan usaha.

Program yang berlangsung selama satu bulan itu terdiri dari sejumlah kegiatan. Salah satunya adalah enam agenda pelatihan yang digelar secara daring dan hibrida.

Selain itu, ada pula pembuatan business plan oleh pelaku UMKM yang lolos ke tahap dua puluh besar dan diakhiri tahapan penjurian.

Sejumlah ahli didapuk sebagai dewan juri program Deliver Possibilities, di antaranya Founder of Sunyi Coffee Mario Gultom dan Founder of Fashionistas, Yorri, dan Fuzz Yessie Natasia Mareti.

Ada pula perwakilan Fungsional Ahli Madya dari Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem Bisnis Kemenkop UKM Prima Raharjo serta General Manager J&T Express Denny Lim.

Keterbatasan bukan halangan

Brand Manager J&T Express Herline Septia mengapresiasi setiap pelaku UMKM disabilitas yang telah mengikuti program Deliver Possibilities. Pihaknya percaya bahwa setiap UMKM memiliki keunggulan masing-masing sehingga mereka berhasil menjalani proses seleksi hingga akhir.

“Hasil program ini menjadi bukti bahwa UMKM disabilitas Indonesia berdaya,” ujarnya dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Rabu (15/11/2023).

Sementara itu, Prima Raharjo menuturkan bahwa keterbatasan fisik bukan halangan bagi pelaku usaha disabilitas untuk menggapai impian.

“Keberanian tidak ditentukan oleh fisik, tapi tekad dalam hati yang kuat. Saya berharap, teman-teman (disabilitas) dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang dengan kekuatan tekad tersebut. Melalui program Deliver Possibilities, saya yakin kita dapat mendukung UMKM disabilitas menjadi lebih baik,” kata Prima Raharjo.

Brand Manager J&T Express Herline Septia mengapresiasi setiap pelaku UMKM disabilitas yang telah mengikuti program Deliver Possibilities. Pihaknya percaya bahwa setiap UMKM memiliki keunggulan masing-masing sehingga mereka berhasil menjalani proses seleksi hingga akhir. Dok. J&T Express Brand Manager J&T Express Herline Septia mengapresiasi setiap pelaku UMKM disabilitas yang telah mengikuti program Deliver Possibilities. Pihaknya percaya bahwa setiap UMKM memiliki keunggulan masing-masing sehingga mereka berhasil menjalani proses seleksi hingga akhir.

Untuk diketahui, penentuan pemenang program Deliver Possibilities dinilai berdasarkan sejumlah indikator yang meliputi aspek pelatihan dan penulisan proposal.

Selain orisinalitas ide usaha yang dimiliki, para UMKM yang lolos ke fase pembuatan proposal ditantang untuk memaparkan business plan dengan mempertimbangkan kriteria kelayakan, analisis, dan financial projection.

Kesepuluh pemenang membawa pulang bantuan wirausaha dengan total Rp 150 juta yang akan dibagi berdasarkan klasifikasi tiga peringkat pemenang.

Peringkat pertama hingga ketiga mendapatkan hadiah senilai Rp 20 juta. Sementara, peringkat keempat dan kelima mendapatkan hadiah senilai Rp 15 juta. Selebihnya, mendapatkan hadiah sebesar Rp 12 juta.

Pemilik usaha Aroma Jiwa Perfumery, Sandy, mengucapkan terima kasih kepada J&T Express atas kepedulian terhadap penyandang disabilitas.

“Saya mengucapkan terima kasih untuk J&T Express sebagai perusahaan nasional dan multinasional yang masih memedulikan teman-teman disabilitas. Kami sebagai penyandang disabilitas hadir bukan hanya untuk dikasihani, melainkan juga layak untuk mendapatkan kasih sayang dan dukungan,” kata Sandy.

Berikut adalah daftar pemenang program Deliver Possibilities berdasarkan urutan peringkat.

  1. Athaya P Nirwasita (Athaya Art)
  2. Sandy (Aroma Jiwa Perfumery)
  3. Muhammad Ikhwan Tariqo (Dekardekor)
  4. Dewi Winarti Roro Shanti (Dewijaya Care)
  5. Sugeng Paijo (Jajanan Mamake)
  6. Riefky Dwi Julianto (Bu Anas Snack)
  7. Rismawan Yulianto (Kube Difaku)
  8. Nurul Endah Rosyita (R3n Coffee & Tea)
  9. Tasya Nurfitria (K Empire)
  10. Anik Puji Lestari (Khaulamp)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com