Advertorial

Gunakan Motor Listrik, Lebih dari 700 Anggota ALVA Riders Community Jadi Agen Perubahan Gaya Hidup

Kompas.com - 16/11/2023, 19:21 WIB

KOMPAS.com – Salah satu merek motor listrik, ALVA, membawa gebrakan baru sebagai penyedia lifestyle mobility solution dan pelopor inovasi kendaraan listrik di tengah pesatnya perkembangan teknologi kendaraan listrik di Tanah Air.

Selama satu tahun berkiprah di industri kendaraan listrik, ALVA pun turut memberikan kontribusi besar, terutama dalam membantu menekan emisi karbon hingga 88,5 ton karbon dioksida (CO2).

Kontribusi besar ALVA tersebut tidak lepas dari peran pengguna dan komunitas ALVA Riders Community (ARC). Baru-baru ini, para anggota ARC bertransformasi menjadi "The Game Changer" atau Penggerak Perubahan.

Untuk diketahui, komunitas ARC terbentuk secara independen dan organik dengan jumlah anggota lebih dari 700 orang. Komunitas ini menjadi pionir dalam memperkenalkan kendaraan listrik ALVA kepada masyarakat luas.

Selain itu, ARC juga menjadi contoh nyata bahwa kendaraan listrik dapat menjadi bagian integral dari gaya hidup modern yang berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan misi Indonesia dalam mencapai target Net Zero Emission (NZE) pada 2060.

Chief Marketing Officer ALVA Putu Yudha mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk menyediakan solusi gaya hidup dan mobilitas berkelanjutan, memberdayakan individu, berkontribusi pada lingkungan yang lebih bersih, serta mendorong transisi ke masa depan yang lebih bersih.

Menurutnya, prestasi ALVA dalam membantu menekan angka emisi karbon bukan hanya milik perusahaan, melainkan hasil dari semangat dan tekad para anggota komunitas.

“ARC dengan lebih dari 700 anggotanya menjadi bukti nyata bahwa perubahan bisa dimulai dari komunitas yang memiliki semangat dan tekad untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik,” kata Putu Yudha dalam talk show dan sharing session edukatif "ALVA Talks" pada ajang IMOS+ 2023.

Untuk diketahui, kegiatan ALVA Talks tersebut merupakan wujud apresiasi ALVA terhadap kontribusi besar yang diberikan ARC. Utamanya, dalam memotivasi banyak orang untuk mendukung masa depan mobilitas yang lebih bersih.

Kisah dan pengalaman para anggota ARC

Pada kesempatan itu, ALVA turut mengundang 35 anggota ARC. Empat orang di antaranya pun berkesempatan berbagi kisah inspirasional tentang pengalaman berkendara dengan motor listrik ALVA.

Beberapa pengalaman yang dibagikan, mulai dari pemanfaatan fitur dan bantuan customer service yang responsif untuk mencegah pencurian kendaraan listrik hingga pengalaman berkendara jarak jauh dari Jakarta ke Citorek, Banten.

Salah satu anggota ARC yang hadir, Suhandi Widjaja, bercerita bahwa ia mendapat banyak teman dan pengetahuan baru di ARC. Selain itu, komunitas tersebut juga memberikan ruang bagi para anggota untuk saling berinteraksi dan terkoneksi.

Suhandi juga menceritakan pengalamannya bersama komunitas ARC dalam mengadakan kegiatan Sunday Morning Ride (Sunmori).

“Kami biasanya janjian di grup. Anggota yang bisa bergabung Sunmori nanti berkumpul di titik yang disepakati,” ujarnya.

Suhandi melanjutkan, ARC juga kerap menggelar ajang pertemuan atau kopi darat (kopdar) dengan sesama anggota. Sebagai contoh, kegiatan kopdar di Harapan Indah, Bekasi, yang diikuti sekitar 40 anggota ARC dan kopdar di Geumis Koffie, Ciledug, Banten, yang diikuti 70 anggota.

Selain kegiatan untuk sesama anggota ARC, komunitas ini juga aktif berpartisipasi dalam kegiatan touring bersama komunitas lain. Salah satunya, touring ke kawasan Cikotrek yang diikuti oleh 15 anggota ARC.

“Kami menempuh jarak sekitar 130 km dari PLN Icon+ di Cawang, Jakarta, menuju ‘Negeri di Atas Awan’, Citorek. Karena jarak cukup jauh, kami disediakan listrik di PLN Jasinga dan konsumsi,” kata Suhandi.

Pada kegiatan touring lain, imbuh Suhandi, seperti Riding Merah Putih pada Agustus 2023 dan Riding Sumpah Pemuda pada Oktober 2023 ARC juga turut serta dengan jumlah peserta terbanyak.

Peran komunitas ARC juga dapat terlihat melalui aktivitas riding lain, seperti Sunday Motoran Listrik (Sunmolis) yang diselenggarakan oleh ALVA bersama beberapa kreator digital.

Lebih dari sekadar kegiatan riding, Sunmolis merupakan sebuah pernyataan dari ALVA dan ARC bahwa mobilitas bersih dan berkelanjutan merupakan opsi gaya hidup menarik yang dapat diakses oleh semua kalangan masyarakat.

Kegiatan itu pun dimanfaatkan oleh ARC dan para kreator digital untuk memperkenalkan pengalaman berkendara yang unik dengan kendaraan nol emisi sebagai langkah awal untuk masa depan yang lebih baik kepada masyarakat.

Acara yang melibatkan lebih dari 20 anggota ARC itu menjadi bukti konkret bahwa kehadiran komunitas tidak hanya untuk berkumpul dan mengobrol, tetapi juga untuk bertindak dan mengubah cara masyarakat memandang mobilitas.

Komitmen ALVA dan semangat ARC tersebut menunjukkan bahwa perubahan dapat dimulai dari hal-hal kecil. Sinergi yang dilakukan kedua pihak ini diharapkan dapat mendukung terwujudnya revolusi kendaraan listrik serta menginspirasi banyak individu untuk turut serta dalam mewujudkan masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com