Advertorial

Jamin Keselamatan di Jalan, Maxim Gandeng YPSSI Beri Perlindungan kepada Mitra Pengemudi dan Penumpang

Kompas.com - 17/11/2023, 11:15 WIB

KOMPAS.com - Aplikator penyedia layanan transportasi online di Indonesia, Maxim, senantiasa menjaga keamanan serta keselamatan mitra pengemudi dan pengguna Maxim di jalan.

Sejak 2021, Maxim telah bekerja sama dengan Yayasan Pengemudi Selamat Sejahtera Indonesia (YPSSI) dalam memberikan jaminan perlindungan dan keselamatan tersebut.

YPSSI sendiri merupakan yayasan sosial yang bertanggung jawab memberikan dana santunan kepada mitra pengemudi dan penumpang yang mengalami kecelakaan lalu lintas saat sedang menggunakan layanan Maxim.

Hingga saat ini, Maxim dan YPSSI telah memberikan biaya santunan pengobatan dengan total nilai lebih dari Rp 6 miliar.

Teranyar, Maxim melalui YPPSI memberikan santunan pengobatan Rp 10.256.100 kepada penumpang Maxim berinisial EM yang mengalami kecelakaan lalu lintas di Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Saat itu, EM yang dibonceng driver Maxim mengalami cedera pada kaki kiri setelah ditabrak pengendara motor lain di Jalan Jolotundo, Semarang. Korban langsung mendapat santunan kecelakaan setelah mengajukan klaim YPSSI di kantor Maxim terdekat.

Untuk syarat mengajukan dana santunan, penumpang atau driver bisa membawa berbagai dokumen wajib ke kantor Maxim terdekat.

Dokumen tersebut di antaranya adalah tagihan rumah sakit, resume medis, laporan kecelakaan lalu lintas atau surat keterangan saksi dari polisi, kartu tanda penduduk (KTP), surat izin mengemudi khusus untuk driver, dan kartu keluarga khusus untuk penumpang.

Adapun YPSSI menentukan sejumlah ketentuan dalam memberikan santunan. Untuk mitra pengemudi, YPSSI akan memberikan santunan apabila kecelakaan tidak disebabkan oleh kesalahan atau kelalaian mitra pengemudi yang merugikan pihak lain.

Sementara itu, untuk penumpang Maxim, santunan yang diberikan berupa kompensasi penggantian biaya pengobatan. Santunan tetap diberikan, terlepas dari kecelakaan disebabkan oleh kesalahan mitra pengemudi Maxim atau tidak.

Tak hanya memberikan santunan, Maxim dan YPSSI juga rutin memberikan edukasi dan pelatihan keselamatan berkendara, baik secara online dan offline.

Selain bekerja sama dengan YPSSI, Maxim juga menggandeng pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Jasa Raharja untuk menciptakan ekosistem berkendara yang tertib dan aman.

Bagi Maxim, keselamatan pengguna merupakan prioritas utama. Oleh karena itu, Maxim dan YPSSI selalu memberi arahan kepada seluruh mitra pengemudi dan penumpang untuk mengikuti peraturan lalu lintas serta standar keselamatan berkendara.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai YPSSI dan pengajuan klaim penggantian biaya medis, Anda bisa mengunjungi kantor cabang Maxim terdekat. Anda juga bisa mengunjungi laman ypssisocial.org dan mengirim email ke info@ypssisocial.org.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com