Advertorial

Wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi, Itenas Serahkan Kendaraan Roda Tiga Listrik dan Hibrida Pertama di Indonesia kepada Kodim 0618/BS Bandung

Kompas.com - 17/11/2023, 14:03 WIB


KOMPAS.com – Institut Teknologi Nasional Bandung (Itenas) melakukan serah terima kendaraan roda tiga listrik dan hibrida (hybrid) kepada Komando Distrik Militer (Kodim) 0618/BS di Markas Kodim 0618/BS, Bandung, Jumat (10/11/2023).

Digelar bertepatan pada Hari Pahlawan Nasional, acara tersebut dihadiri Rektor Itenas Bandung Prof Meilinda Nurbanasari, PhD serta Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan sekaligus Ketua Tim Pembuatan Kendaraan Itenas Bandung Tarsisius Kristyadi, PhD.

Kemudian, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Inovasi, dan Kerja Sama Itenas Bandung Dani Rusirawan, PhD, Kepala bagian Inovasi dan Pengelolaan Kekayaan Intelektual Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Itenas Fahmi Arif, PhD, serta lima mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Itenas.

Serah terima kendaraan tersebut diresmikan melalui penandatanganan dan penyerahan berita acara antara Itenas Bandung dengan Kodim 0618/BS.

Sebagai informasi, penyerahan kendaraan roda tiga listrik dan hibrida merupakan wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dari Itenas. Kendaraan roda tiga listrik dan hibrida tersebut merupakan yang pertama diciptakan di Indonesia. Adapun kendaraan tersebut bakal dipergunakan sebagai kendaraan operasional Kodim 0618/BS.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0618/BS Kolonel Inf Donny I Bainuri, SHub, Int, MASSS menuturkan, kerja sama tersebut dijalin untuk peremajaan kendaraan-kendaraan operasional yang dimiliki Kodim 0618/BS. Terdapat sekitar 5 unit kendaraan yang dimodifikasi Itenas Bandung menjadi kendaraan listrik dan hibrida.

“Kami mengucapkan terima kasih untuk hasil karya nyata yang diciptakan mahasiswa Itenas Bandung. Ini sangat mendukung efisiensi operasional dan optimalisasi pelaksanaan tugas pokok TNI yang membutuhkan mobilitas,” ujar Donny dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (17/11/2023).

Pada kesempatan sama, Prof Meilinda mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang terjalin dengan TNI AD, khususnya Kodim 0618/BS.
Ia pun berharap agar Itenas Bandung dan Kodim 0618/BS terus berkolaborasi pada kegiatan lainnya.

“Itenas Bandung siap membantu dan terlibat dalam melahirkan inovasi-inovasi untuk mendukung tugas pokok TNI AD, khususnya di Kodim 0618/BS, dalam menghadapi segala perubahan yang cepat dan dinamis,” ujar Prof Meilinda.

Sebagai informasi, kendaraan yang dimodifikasi Itenas berjenis Brushless DC Motor berdaya 2.000 watt dengan tegangan listrik 72 volt dan baterai berkapasitas 60 ampere-hour (Ah) untuk jenis kendaraan listrik.

Sementara untuk kendaraan hibrida, spesifikasi kelistrikannya serupa dengan motor listrik dengan tambahan tangki bensin 4 tak.

Kolaborasi tersebut, kata Prof Meilinda, menjadi bukti nyata bahwa Itenas Bandung tidak hanya berkarya semata untuk kepentingan akademis, tetapi juga menjadi manfaat bagi banyak lapisan masyarakat dengan beragam latar belakang.

“Semoga, akan banyak hasil inovasi lainnya yang diciptakan Itenas Bandung yang aplikatif bagi semua orang,” imbuhnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com