Advertorial

Cegah Penyakit di Musim Pancaroba dengan 5 Cara Ini

Kompas.com - 17/11/2023, 18:22 WIB

KOMPAS.com - Indonesia tengah memasuki musim pancaroba. Menurut keterangan resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki peralihan dari musim kemarau ke musim hujan pada Oktober hingga Desember 2023.

Musim pancaroba sendiri selalu identik dengan berbagai penyakit, seperti pilek, flu, demam, tifus, dan diare. Ini lantaran kondisi cuaca tidak menentu dan intensitas angin bertiup lebih kencang daripada biasanya.

Akibatnya, imunitas atau daya tahan tubuh menjadi rentan karena dipaksa untuk terus beradaptasi dengan perubahan cuaca tersebut.

Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk bisa menjaga imunitas tubuhnya agar tak mudah terserang penyakit saat pancaroba. Berikut adalah lima cara yang bisa dilakukan untuk menjaga imun tubuh selama pancaroba.

  1. Minum air kelapa

Air kelapa adalah minuman alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang, menghidrasi kulit, mencukupi kebutuhan vitamin dan nutrisi, serta meningkat imunitas tubuh.

Minuman tersebut bermanfaat bagi kesehatan lantaran mengandung sejumlah nutrisi penting, mulai dari elektrolit, vitamin, mineral, antioksidan, hingga asam amino.

Air kelapa juga dapat meningkatkan imunitas lantaran mengandung vitamin B6 atau folat yang berfungsi membantu tubuh memproduksi serta memelihara sel-sel baru.

Selain vitamin B6, air kelapa juga mengandung asam laurat dan vitamin C yang bersifat antioksidan. Berkat itu, air kelapa dapat membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi yang diakibatkan oleh virus, bakteri, ataupun jamur.

Bagi yang ingin mengonsumsi air kelapa, Anda tidak perlu repot mendapatkan segala kebaikan air kelapa asli. Sebab, minuman ini sudah tersedia dalam kemasan praktis yang bisa dikonsumsi setiap saat, yakni Hydro Coco yang diproduksi oleh Kalbe Nutritionals.

Hydro Coco terbuat dari 100 persen air kelapa asli dan mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin C, B3, B5, dan B6, kalsium, magnesium, serta tinggi serat dan rendah kalori.

Produk tersebut juga dibuat tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan sehingga aman dikonsumsi setiap hari, terutama untuk jaga imun atau Jaim.

Minuman itu tersedia dalam ukuran 250 ml, 330 ml, 500 ml, dan 1 liter yang pas untuk keluarga.

  1. Olahraga teratur

Olahraga adalah aktivitas fisik yang dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Aktivitas ini memiliki segudang manfaat, mulai dari membantu meningkatkan sirkulasi darah, oksigenasi jaringan, metabolisme, dan detoksifikasi tubuh.

Tak hanya itu, seperti diberitakan Kompas.com, Selasa (10/8/2023), olahraga secara umum juga mampu membantu meningkatkan imun tubuh melalui berbagai cara yang cukup kompleks.

Salah satunya, dengan meningkatkan sirkulasi sel darah putih dalam tubuh sehingga bisa mendeteksi lebih cepat jika ada patogen yang masuk ke dalam tubuh. Sel darah putih adalah salah satu komponen penting di dalam sistem imun yang berfungsi melawan patogen.

Untuk mendapat semua manfaat dari olahraga, Anda hanya perlu melakukan aktivitas ini secara rutin selama 30 menit dalam sehari.

Jika belum terbiasa melakukannya, Anda bisa melakukannya secara perlahan dengan memulainya sekitar 15 menit sehari. Pilihlah olahraga yang nyaman dan disenangi agar Anda bisa secara konsisten melakukan aktivitas tersebut.

  1. Kelola stres

Mengelola stres juga jadi salah satu efektif bagi seseorang dalam menjaga imunitas dalam tubuh.

Untuk diketahui, dikutip dari laman news-medical.net, stres didefinisikan sebagai respons neurologis terhadap tuntutan atau peristiwa lingkungan yang melampaui kemampuan seseorang untuk mengatasinya.

Meski begitu, stres adalah masalah wajar yang umum dirasakan banyak orang. Namun, jika terjadi secara berkepanjangan, stres dapat mengakibatkan kelelahan mental dan dapat memicu gejala tekanan fisik lantaran sistem endokrin terganggu.

Endokrin sendiri adalah sel yang berfungsi untuk memproduksi dan melepaskan hormon untuk membantu mengendalikan banyak fungsi penting dalam tubuh.

Untuk menghindari stres, Anda bisa melakukan sejumlah kegiatan atau hobi yang disenangi ataupun bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

  1. Cukup tidur

Tidur adalah kegiatan yang sangat penting bagi kesehatan dan imun tubuh. Pasalnya, tidur bermanfaat untuk menjaga fungsi otak dan regulasi tubuh.

Tak hanya itu, saat tidur, organ tubuh juga mengeluarkan zat-zat beracun dalam tubuh sehingga sistem imun pun dapat bekerja secara efektif dalam melawan infeksi virus ataupun bakteri.

Oleh karena itu, jika waktu dan kualitas tidur tidak optimal, kinerja sistem imun pun jadi melemah. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko terkena berbagai keluhan kesehatan dan penyakit.

Biasanya, durasi tidur yang sesuai untuk orang dewasa adalah sekitar 7-8 jam sehari.

  1. Konsumsi makanan bergizi

Makanan bergizi adalah makanan yang mengandung zat gizi yang dibutuhkan tubuh, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi, tubuh jadi mendapatkan asupan energi, mampu membangun dan memperbaiki jaringan sel, serta mendukung fungsi sistem imun.

Makanan bergizi sendiri dapat berasal dari sumber nabati dan hewani. Sumber nabati sendiri meliputi sayur, buah, biji-bijian, dan kacang-kacangan, sedangkan sumber hewani meliputi daging, ikan, telur, susu, dan produk olahannya.

Itulah lima cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu meningkatkan ataupun menjaga imunitas tubuh saat musim pancaroba berlangsung.

Dengan melakukan upaya tersebut, Anda bisa meminimalisasi risiko terserang penyakit yang umum terjadi saat pancaroba.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com