Advertorial

Borobudur Marathon 2023 Siap Digelar, 10.000 Pelari Nyalakan Semangat Persatuan di Magelang

Kompas.com - 18/11/2023, 16:52 WIB

KOMPAS.com – Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng siap digelar di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (19/11/2023).

Mengusung tema “Voice of Unity”, acara tersebut digelar atas kerja sama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Bank Jateng, Harian Kompas, dan Yayasan Borobudur Marathon.

Penyelenggaraan Borobudur Marathon tahun ini terasa spesial karena akan kembali seperti sebelum pandemi Covid-19. Hal ini terlihat dari jumlah peserta yang sama dengan penyelenggaraan Borobudur Marathon 2019.

Borobudur Marathon 2023 diperkirakan bakal diikuti sekitar 10.000 orang yang terbagi ke dalam tiga kategori, yakni 10K, half marathon, dan marathon

Gelaran tahun ini juga akan diikuti sejumlah pelari internasional dan nasional, di antaranya Agus Prayogo, Betmen Manurung, Odekta Naibaho, dan Pretty Sihite.

Tidak hanya itu, sejumlah pelari muda berusia 15-18 tahun terpilih juga akan mengikuti kategori Bank Jateng Young Talent dengan jarak 10 km.

Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan, Borobudur Marathon 2023 menjadi salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kota Magelang, Jawa Tengah. Sebab, ajang ini memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Nana berharap, pelaksanaan Borobudur Marathon 2023 dapat membuat Kota Magelang semakin dikenal luas oleh turis, baik lokal maupun mancanegara.

“Kota Magelang tidak hanya memiliki berbagai destinasi wisata bersejarah dan unik, tetapi juga sudah memiliki infrastruktur yang semakin berkembang dan meningkat untuk menunjang seluruh kegiatan wisata olahraga. Salah satunya, untuk para pelari di Borobudur Marathon 2023,” tutur Nana dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (18/11/2023).

Kesiapan penyelenggara

Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo mengatakan, pihak penyelenggara Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng telah berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan terlibat, seperti Dinas Perhubungan, medis setempat, pihak kepolisian, hingga masyarakat sekitar.

Dengan begitu, event tersebut diharapkan dapat menyajikan pengalaman terbaik bagi para pelari Borobudur Marathon. 

Menurut Budiman, tahun ini, Borobudur Marathon mempunyai keinginan untuk naik level dengan mencoba membuka kesempatan menuju next step verification demi mendapatkan World Athletic Label.

Selain itu, pihaknya juga sudah menyiapkan cheering yang bertebaran di sepanjang rute lari untuk menjadi extra boost bagi para pelari.

“Kami juga telah menyiapkan kegiatan seru lainnya, baik di Race Expo maupun Race Day nanti di Taman Lumbini, Candi Borobudur,” papar Budiman.

Sebagai informasi, konferensi pers itu juga dihadiri oleh Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Tigor Tanjung, Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama Bank Jateng Irianto Harko Saputro, dan Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An.

Hadir pula World Athletics Technical Delegate for Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng Richard Welsh. Pada kesempatan itu, ia memaparkan seputar World Athletics Label dan kesiapan Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng menjadi ajang lari tingkat internasional.

Sementara itu, Irianto mengatakan, penyelenggaraan Borobudur Marathon 2023 yang diikuti oleh 10.000 pelari akan membawa dampak ekonomi yang lebih besar. Untuk itu, program Bank Jateng Pawone kembali hadir untuk mengembangkan dan mengoptimalkan peran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Magelang. 

“Bank Jateng Pawone telah mengunjungi 10 kota tempat terlaksananya Bank Jateng Friendship Run dengan membawa kuliner khas Magelang kepada para pelari. Nantinya, Bank Jateng Pawone juga dapat teman-teman pelari temukan di Race Expo dan Race Day,” papar Irianto.

Selain itu, imbuhnya, kehadiran pelari juga akan menghidupkan perekonomian masyarakat Kota Magelang melalui homestay, hotel, dan berbagai usaha lain.

Proses registrasi ulang para pelari sebelum penyelenggaraan Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.Dok. Bank Jateng Proses registrasi ulang para pelari sebelum penyelenggaraan Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Hal senada juga dikatakan Liem. Menurutnya, penyelenggaraan Borobudur Marathon 2023 berpotensi meningkatkan perekonomian lokal.

“Antusiasme yang tinggi pasti dirasakan oleh seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Borobudur Marathon 2023, mulai dari warga yang mengisi rute dengan cheering, penginapan yang terisi penuh oleh pelari dari seluruh penjuru dunia, kuliner khas Magelang yang tidak habis dijelajahi, penyedia transportasi, hingga usaha-usaha lain,” kata Liem.

Liem berharap, Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng dapat memberikan dampak positif yang lebih dari tahun sebelumnya, baik untuk masyarakat, pelari, maupun semua pemangku kepentingan yang terlibat.

Chief Marketing Officer Generali Indonesia Vivin Arbianti Gautama yang turut hadir dalam konferensi pers itu menyampaikan dukungan pihaknya terhadap penyelenggaraan Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng.

Vivin menjelaskan, Generali Indonesia sudah enam kali menjadi Official Insurance Partner Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng.

“Para pelari tidak perlu khawatir tentang berlari dengan aman karena Generali Indonesia menyediakan proteksi untuk 10.000 pelari yang akan mengikuti Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng,” ujar Vivin.

Antusiasme para peserta

Tak hanya penyelenggara, para peserta juga menyatakan kesiapan mereka mengikuti Borobudur Marathon 2023. Salah satunya adalah pelari elite nasional Rikki Marthin Luther Simbolon.

“Saya sudah menyiapkan yang terbaik untuk bertanding di Borobudur Marathon 2023. Tantangan yang ada akan saya hadapi sebaik mungkin untuk bisa menciptakan rekor baru, bersaing dengan para pelari internasional, dan menjadi juara,” ujarnya.

Atlet muda yang termasuk Bank Jateng Young Talent 2023 Muhammad Iqra Syahputra juga turut menyuarakan antusiasmenya menyambut ajang tersebut.

Apalagi, kata Iqra, dirinya telah mengikuti Bootcamp Bank Jateng Young Talent sebagai ajang pengembangan para atlet-atlet muda untuk berkompetisi dan mengembangkan potensinya di event lari bertaraf internasional. 

“Program-program yang diberikan untuk Bank Jateng Young Talent 10K, seperti bootcamp, sangat membantu para atlet muda untuk belajar lebih banyak mengenai lari, mulai dari mental hingga kesiapan fisik. Saya berharap, kami dapat berkembang dan bertumbuh menjadi atlet-atlet nasional yang mengharumkan nama Indonesia ke depannya,” imbuh Iqra. 

Untuk diketahui, sesi race day ajang Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank bakal dilaksanakan pada Minggu dengan titik start dan finis di Taman Lumbini kawasan Candi Borobudur, Magelang.

Gelaran itu dapat disaksikan secara langsung di Kompas TV. Reportase langsung juga dapat disimak melalui Instagram Story Borobudur Marathon.

Sebagai rangkaian event, diselenggarakan juga Race Expo di Grand Artos Ballroom, Magelang, Jawa Tengah, pada 17–18 November 2023.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com