Advertorial

Sering Dianggap Sama, Berikut Beda Sereal Gandum dan Oat yang Cocok Jadi Sarapan

Kompas.com - 20/11/2023, 13:32 WIB

KOMPAS.com – Selain nasi, sereal kerap dipilih sebagai menu sarapan karena praktis dan mudah disajikan. Tak perlu dimasak, penyajian sereal cukup dipadukan dengan bahan makanan lain, seperti susu, kacang-kacangan, dan buah.

Terdapat dua jenis sereal berdasarkan bahannya, yakni gandum dan oat. Kedua bahan ini dikenal sebagai sumber karbohidrat yang kaya nutrisi.

Karena memiliki manfaat, rasa, dan bentuk yang cenderung mirip, sebagian orang menganggap bahwa keduanya sama. Padahal, oat dan gandum berasal dari tanaman berbeda.

Adapun gandum berasal dari rumput liar berbiji bernama latin Triticum aestivum. Sementara, oat merupakan jenis tanaman berbiji yang memiliki nama latin Avena Sativa.

Biji gandum berbentuk oval dan terdiri dari tiga bagian, yaitu kulit (bran), endosperma, dan lembaga (germ). Biji gandum memiliki panjang antara 6-8 mm dengan diameter 2-3 mm. Adapun biji gandum berkumpul dalam satu kluster.

Sebelum dikonsumsi, biji gandum perlu diolah menjadi bahan dasar terlebih dahulu, misalnya tepung, semolina, bulgur, dan dedak. Bahan itu kemudian diolah lagi menjadi menu siap santap, misalnya roti dan sereal.

Berbeda dengan gandum, oat dihasilkan dari bulir-bulir biji terbuka. Biji oat juga dikenal sebagai biji individual. Bahkan, jarak antara satu biji dan biji lain tergolong cukup jauh.

Sereal oat merupakan sereal yang dapat diolah langsung menjadi makanan siap santap, misalnya bubur oat, susu oat, dan oat gulung.

Perbandingan nutrisi

Baik gandum maupun oat memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Oat sendiri memiliki kalori yang lebih tinggi ketimbang gandum. Oat mengandung 390 kalori per 100 gram, sedangkan gandum mengandung 340 kalori per 100 gram.

Sementara itu, kandungan karbohidrat gandum lebih tinggi ketimbang oat dalam takaran sama.

Untuk kandungan lemak, oat mengungguli gandum. Namun, jangan khawatir karena sebagian besar lemak ini merupakan asam lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh.

Selanjutnya, kandungan protein pada oat lebih unggul ketimbang gandum. Protein utama yang terkandung dalam oat adalah avelin. Sementara, komponen utama protein gandum adalah gluten. Oleh sebab itu, gandum tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita intoleransi gluten.

Kemudian, oat juga lebih kaya vitamin B1, B2, dan B5. Di sisi lain, gandum lebih kaya vitamin B3 dan B6. Lalu, oat lebih banyak mengandung fosfor, tembaga, dan magnesium, sedangkan gandum mengandung seng, selenium, dan zat besi.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, baik gandum maupun oat memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Adapun gandum dapat menjaga kesehatan usus dan jantung serta dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Sementara, oat mengandung antioksidan kuat, terutama avenanthramides, yang membantu tubuh melawan radikal bebas. Antioksidan ini juga berperan penting dalam menurunkan risiko peradangan dan penyakit jantung.

Kemudian, oat yang memiliki serat larut juga dapat membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama. Oat juga membantu mengatur kadar gula darah. Oleh sebab itu, oat cocok dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan.

Sebagai sumber karbohidrat yang bernutrisi lengkap dan sehat, sereal oat dapat dipilih sebagai menu sarapan. Terlebih, saat ini, sejumlah sereal oat semakin mudah dan praktis disajikan. Salah satunya adalah Haverjoy Havermix Instant Oats & Chochips

Haverjoy Havermix Chocochips.Dok. Haverjoy Haverjoy Havermix Chocochips.

Haverjoy Havermix Chocochips dibuat dari oat Australia yang terkenal sebagai oat berkualitas tinggi.

Sebagai produk dengan 82 persen kandungan oat, Haverjoy Havermix Chocochips dapat menjadi menu sarapan ideal keluarga karena tinggi zat besi dan serat pangan.

Adapun Haverjoy Havermix Instant Oats & Chochips dibuat dari bahan favorit anak-anak, yakni chocochips dan oat. Dengan demikian, sarapan tak hanya lebih sehat, tetapi juga semakin menyenangkan bagi mereka.

Penyajiannya pun praktis, yakni cukup ditambahkan air panas tanpa perlu dimasak.

Adapun Haverjoy Havermix Chocochips sudah mendapatkan sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) serta sertifikat aman konsumsi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Haverjoy Oats tersedia dalam berbagai varian rasa.Dok. Haverjoy Haverjoy Oats tersedia dalam berbagai varian rasa.

Haverjoy Oats juga tersedia dalam berbagai varian rasa lain yang menggoda, mulai dari Quick Cooking Oats, Instant Oats, hingga Rolled Oats.

Informasi lengkap mengenai Haverjoy Oats bisa kamu temukan pada laman https://www.haverjoy.com/id atau akun Instagram dan Facebook Haverjoy Oats.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com