Advertorial

3 Tahun Bergabung di LazMall, Brand Awarness dan Omzet Hanasui Alami Peningkatan Signifikan

Kompas.com - 20/11/2023, 16:42 WIB

KOMPAS.com - Merek kecantikan lokal di bawah PT Eka Jaya Internasional, Hanasui, mendapatkan penghargaan LazMall Local Superstar Award pada ajang LazMall Brands Future Forum (BFF) 2023 yang diadakan di Singapura, Kamis (31/8/2023).

Penghargaan didapat karena Hanasui mencatatkan peningkatan omzet secara signifikan pada 2023 di kanal LazMall, pada aplikasi Lazada.

Adapun LazMall BFF merupakan ajang untuk mempertemukan para pelaku industri di kawasan Asia Tenggara dan mitra Lazada untuk saling bertukar ide dan inovasi.

Acara tersebut dibuat agar brand dan penjual dapat saling berkembang serta menawarkan pengalaman ritel yang berbeda di Asia Tenggara. Melalui acara itu, Lazada memberikan berbagai penghargaan kepada mitra brand yang mencatatkan kinerja bagus.

E-commerce Manager Eka Jaya Internasional Ratna Purwaningrum mengatakan, pencapaian Hanasui didapat berkat peran dan bantuan Lazada. Fitur-fitur yang disediakan Lazada di kanal LazMall sukses meningkatkan brand awareness Hanasui.

LazMall sendiri merupakan salah satu kanal unggulan Lazada yang menyajikan beragam produk orisinal dari berbagai brand, baik internasional maupun lokal.

Melalui kanal tersebut, Lazada membantu meningkatkan jumlah konsumen untuk pelaku usaha di sektor fast moving consumer good (FMCG) sebanyak 4,5 kali lipat sepanjang tiga tahun terakhir. Jumlah order juga mengalami peningkatan sebanyak 3,5 kali lipat.

“LazMall memberikan dampak signifikan bagi Hanasui dengan membantu meningkatkan brand awareness kami melalui eksposur yang strategis dan meningkatkan penjualan yang substansial. Beberapa produk base make-up kami diluncurkan secara eksklusif di Lazada dan selalu menghasilkan kinerja yang sangat baik,” ujar Ratna melalui jawaban tertulis kepada Kompas.com, Selasa (31/10/2023).

Ratna menjelaskan, brand awareness dapat meningkat lantaran Lazada memberikan insight terkait tren pasar sesuai produk masing-masing brand. Ditambah pula, Lazada memberikan sejumlah promo menarik untuk menggaet konsumen.

“Contohnya, Lazada menginformasikan bahwa tren produk perawatan kulit yang dicari saat ini adalah produk yang memberikan perlindungan kulit dari polusi. Hanasui pun berinovasi membuat sunscreen dengan kandungan polustop. Berkat tren pasar itu, eksposur produk kami tepat sasaran dan efisien untuk konsumen di LazMall," ucap Ratna.

Produk dari Hanasui. Dok. Hanasui Produk dari Hanasui.

Ratna melanjutkan, lipcream dan make-up merupakan kategori produk yang paling disukai konsumen Lazada. Karena itu, kedua kategori ini berkontribusi besar terhadap penjualan Hanasui. Ada pula kategori face care yang turut mengerek penjualan Hanasui.

Pertumbuhan bisnis Hanasui, imbuhnya, secara tak langsung juga memberikan dampak positif untuk Lazada.

“Pertumbuhan bisnis Hanasui di Lazada menunjukkan bahwa konsumen puas berbelanja online di LazMall,” kata Ratna.

Punya lebih dari 190 produk

Sejak bergabung dengan ekosistem Lazada, Hanasui mengalami perkembangan bisnis yang cukup signifikan. Hal ini terlihat dari jumlah produk Hanasui di LazMall, yakni mencapai lebih dari 190 produk perawatan dan kecantikan.

Ratna menjelaskan, Hanasui mengedepankan inovasi serta menjaga kualitas produk secara ketat. Meski begitu, produk Hanasui tetap dibanderol dengan harga terjangkau. Karena itulah, Hanasui digemari konsumen di Lazada.

Salah satu produk make up dari Hanasui. Dok. Hanasui Salah satu produk make up dari Hanasui.

“Kami salah satu produk lokal yang saat ini menghadirkan produk kecantikan, mulai dari skincare, face care, dan make-up dengan harga yang affordable. Meski terjangkau, kualitas produk Hanasui tidak kalah dengan produk-produk dari brand besar lain,” terangnya.

Ratna menyatakan, penghargaan LazMall Local Superstar Award kepada Hanasui makin meningkatkan semangat pihaknya dalam berinovasi dan menghasilkan produk berkualitas dengan harga terjangkau. Dengan begitu, produk Hanasui bisa bersaing di pasar produk kecantikan.

“(Dengan penghargaan ini,) kami berkomitmen untuk terus menjadi mitra bisnis Lazada dengan menjalankan berbagai kampanye yang dihadirkan,” tutur Ratna.

Terus tumbuh

Category Director LazMall FMCG Lazada Indonesia Lia Kurtz menjelaskan bahwa pembelian produk pada kategori FMCG LazMall, termasuk produk-produk kecantikan, terus mengalami pertumbuhan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

Menurut Lia, pertumbuhan tersebut disumbang oleh peningkatan minat dan kesadaran masyarakat terkait personal care dan kecantikan.

Lia menambahkan, Lazada akan terus berkomitmen untuk memberikan pengalaman belanja online terbaik dengan menjual produk yang 100 persen otentik, khususnya di kategori perawatan dan kecantikan.

Produk tersebut akan ditawarkan melalui sejumlah kanal khusus, seperti LazMall Daily Store, Mother and Baby Store, dan LazBeauty yang baru diluncurkan.

“Selain memastikan produk otentik yang berkualitas, Lazada juga berupaya untuk memperkaya pengalaman belanja online dengan layanan pengiriman cepat dan gratis ongkos kirim, serta program menarik lain,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, lanjut Lia, melalui kanal LazMall, Lazada juga akan memudahkan konsumen dengan layanan 15 days return guarantee untuk memudahkan konsumen yang ingin melakukan pengembalian barang. Layanan itu juga menjadi bentuk kompensasi apabila terjadi keterlambatan pengiriman.

“Semuanya untuk memenuhi kepuasan konsumen dan mendukung pertumbuhan brand perawatan tubuh dan kecantikan favorit konsumen. Hal ini sekaligus untuk mengukuhkan posisi Lazada sebagai destinasi (e-commerce) tepercaya bagi konsumen yang mencari produk perawatan tubuh dan kecantikan berkualitas dari brand favorit mereka. Kami bertekad untuk terus mendukung pertumbuhan brand dalam sektor ini,” ucap Lia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com