Advertorial

Perkuat Hubungan Indonesia-Jepang, Danamon, Adira Finance, dan MUFG Dukung Jak-Japan Matsuri 2023

Kompas.com - 21/11/2023, 13:30 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Danamon Indonesia Tbk atau Danamon, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk atau Adira Finance, dan Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) atau MUFG Bank, Ltd hadir dalam festival kebudayaan Jepang-Indonesia yang diselenggarakan tiap tahun di Jakarta, Jak-Japan Matsuri (JJM). Tahun ini merupakan kali kedua grup MUFG mendukung JJM.

Kehadiran Danamon, Adira Finance, dan MUFG pada JJM 2023 yang diselenggarakan di Gambir Expo, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (18/11/2023) dan Minggu (19/11/2023), tersebut menjadi bentuk dukungan terhadap penguatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang.

“Danamon bersama MUFG dan Adira Finance bangga dapat mendukung kembali Jak-Japan Matsuri sebagai wadah penguatan hubungan serta kolaborasi (antara) Indonesia dan Jepang,” ujar Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Daisuke Ejima dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (20/11/2023).

Kolaborasi tersebut, kata Ejima, juga mencerminkan sinergi antara Danamon, MUFG, dan Adira Finance yang saling melengkapi untuk menciptakan solusi keuangan komprehensif bagi setiap segmen nasabah.

Hal senada diutarakan Direktur Utama dari PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk Dewa Made Susila. Menurutnya, kehadiran ketiganya tidak hanya mendukung pertumbuhan ekonomi melalui one-stop financial solution yang ditawarkan, tetapi juga dapat merajut ikatan budaya antara Indonesia dan Jepang.

Sementara itu, Country Head of Indonesia MUFG Bank Kazushige Nakajima mengatakan, pihaknya merasa terhormat dapat menjadi bagian dari perjalanan untuk memenuhi aspirasi penguatan kerja sama kultural serta ekonomi antara Jepang dan Indonesia melalui dukungan terhadap Jak-Japan Matsuri.

“Selain itu, kami juga yakin bahwa membangun hubungan yang baik dengan komunitas lokal merupakan hal penting. MUFG bersama Danamon dan Adira turut berkontribusi dalam membangun persahabatan Indonesia-Jepang untuk bisa menjadi pendukung utama dalam acara yang luar biasa ini,” kata Nakajima.

Kolaborasi Danamon, Adira Finance, dan MUFG Bank dalam mendukung ajang Jak-Japan Matsuri 2023 sebagai wadah penguatan hubungan serta kolaborasi antara Indonesia dan Jepang.dok. Danamon Kolaborasi Danamon, Adira Finance, dan MUFG Bank dalam mendukung ajang Jak-Japan Matsuri 2023 sebagai wadah penguatan hubungan serta kolaborasi antara Indonesia dan Jepang.

Untuk diketahui, Jak-Japan Matsuri merupakan “matsuri” atau festival yang menjadi wadah pertukaran budaya Indonesia dan Jepang yang rutin diselenggarakan sejak 2009.

Penyelenggaraan JJM bertujuan untuk mempromosikan pertukaran budaya antara warga Indonesia dan Jepang melalui pengenalan secara langsung budaya Jepang kepada warga Indonesia dan sebaliknya.

Pada tahun ini, JJM mengusung tema “Indonesia & Japan Always Together”. Tema ini dipilih sebagai pesan bahwa Indonesia dan Jepang senantiasa bersama-sama menggabungkan kekuatan dalam kondisi apa pun.

Pada festival tersebut, pengunjung dapat berinteraksi secara langsung dengan berbagai atraksi hiburan dan budaya asal Jepang yang tengah populer, seperti pop culture dan penampilan dari berbagai artis ternama, baik dari Indonesia maupun Jepang.

Beberapa artis ternama yang tampil pada Jak-Japan Matsuri 2023 di antaranya adalah JKT48, SKE48, Da-iCE, Weird Genius, PSYCHIC FEVER dan BALLISTIK BOYZ from EXILE TRIBE, Ramengvrl, serta Salma Salsabila.

Penyelenggaraan festival tersebut diharapkan dapat menambah jumlah penggemar kebudayaan Jepang dan meningkatkan eksistensi Jepang di Indonesia. Tak hanya bagi anak-anak muda, tetapi juga kepada masyarakat yang belum memiliki ketertarikan mendalam tentang Jepang.

Kolaborasi dukung bilateral Indonesia-Jepang

Kehadiran Danamon, Adira Finance, dan MUFG pada JJM 2023 merupakan satu dari sekian bentuk dukungan grup MUFG terhadap hubungan bilateral Indonesia-Jepang. Untuk diketahui, hubungan bilateral kedua negara sudah terjalin selama 65 tahun pada tahun ini.

Guna merayakan hal tersebut, “Kokoro Hitotsu Ni” atau “Satu Hati” dipilih sebagai tema peringatan. Hubungan kuat kedua negara ini diharapkan dapat mengembangkan berbagai inisiatif, termasuk dalam hal pertumbuhan ekonomi.

Nakajima mengatakan, sebagai bank korporasi terbesar di Jepang, MUFG dapat memanfaatkan hubungan mendalam pihaknya dengan perusahaan dan pemerintah Jepang untuk memfasilitasi serta memperluas berbagai kerja sama dan transaksi bisnis antara kedua negara.

“Indonesia merupakan salah satu negara terpenting dan pasar yang strategis bagi MUFG. Maka dari itu, kami senantiasa berkomitmen untuk berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia dengan terus memberikan dukungan bagi sektor perbankan,” ungkap Nakajima.

Adapun kekuatan utama MUFG Group di Indonesia adalah kemampuan menciptakan sinergi antara unit-unit bisnis, yakni Danamon, Adira Finance, dan MUFG, untuk menciptakan rangkaian produk keuangan terbaik sebagai solusi keuangan komprehensif bagi setiap segmen nasabah.

“Danamon sebagai hybrid bank memiliki posisi unik yang dapat menggabungkan kemampuan dan jaringan lokal yang kuat bersama Adira Finance sebagai anak perusahaan, serta didukung oleh jaringan global serta kapabilitas luas dan berskala internasional yang dimiliki MUFG,” ujar Ejima.

Untuk nasabah korporasi, Danamon dapat menawarkan layanan pinjaman, cash management, serta trade finance dan treasury, baik untuk produsen besar maupun dealer di seluruh Indonesia.

Danamon juga memiliki rangkaian solusi keuangan untuk segmen usaha kecil dan menengah (UKM) melalui layanan transaksional, pendanaan, proteksi (bancassurance), dan pinjaman usaha.

Kemudian, untuk segmen retail, terdapat layanan pembiayaan kendaraan roda dua dan roda empat, transaksi, proteksi (bancassurance), dan berbagai peluang investasi.

Dengan kolaborasi yang saling terhubung, mendukung, dan melengkapi tersebut, MUFG Indonesia, Danamon, serta Adira Finance dapat melayani rantai pasok ekosistem bisnis dari hulu hingga hilir.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com