Advertorial

Terima Kunjungan Mentan, Pj Bupati Tala Berharap Program Serasi Terus Dilaksanakan di Tanah Laut

Kompas.com - 22/11/2023, 11:18 WIB

KOMPAS.com - Penjabat (Pj) Bupati Tanah Laut (Tala) sekaligus Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Syamsir Rahman menerima kunjungan kerja Menteri Pertanian (Mentan) H Andi Amran Sulaiman di di Desa Padang, Kecamatan Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut, Kamis (16/11/2023).

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari program pengembangan lahan rawa tadah hujan di Desa Padang.

Pada sambutannya, Pj Bupati Tala berharap agar program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) dapat terus dilaksanakan di wilayahnya.

Menurutnya, program optimasi lahan rawa padi yang dilakukan Menteri Amran sangat bagus dan terbukti berhasil di Kabupaten Tala.

“Kami sudah melaksanakan program Serasi pada 2019 dan hasilnya memuaskan karena tanggul dan pengairannya bagus. Namun, pada 2021, Kabupaten Tala dilanda banjir besar yang mengubah kondisi lahan Serasi. Kami berharap, Mentan berkenan mendukung kembali pelaksanaan program Serasi di Tala," kata Pj Bupati Tala dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (22/11/2023).

Syamsir melanjutkan bahwa saat ini, kondisi lahan Serasi memungkinkan untuk dilaksanakan program pertanian. Ia berharap, bantuan alat dan mesin pertanian dapat ditambah untuk membantu para petani di Kabupaten Tala.

"Kami sampaikan kepada Mentan bahwa lahan pertanian di Kabupaten Tala luas dan petaninya warga lokal. Dengan demikian, sangat tepat apabila program Serasi direvitalisasi di Kabupaten Tala. Terlebih, kami memiliki lahan tadah hujan yang dapat mendukung program dari Kementerian Pertanian (Kementan),” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Mentan, Pj Bupati Tala, serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan peninjauan lahan rawa padi di beberapa titik dan berdialog bersama para petani Desa Padang.

Acara tersebut turut dihadiri Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pertanian Dedi Nursyamsi, staf Kementan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kalsel, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (Distanhorbun) Tala, Camat Bati-Bati, penyuluh pertanian, serta petani Desa Padang.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com