Advertorial

Dijuluki Kampung Hortikultura, Desa Suka Ramah Suplai Komoditasnya hingga Luar Tanah Laut

Kompas.com - 22/11/2023, 11:22 WIB

KOMPAS.com - Desa Suka Ramah, Kecamatan Panyipatan, Tanah Laut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), dikenal sebagai desa yang memiliki kekayaan komoditas hortikultura.

Berkat itu, Desa Suka Ramah pun tak hanya mampu memenuhi kebutuhan hortikultura wilayahnya sendiri, tetapi juga daerah lain.

Tak heran jika Desa Suka Ramah dijuluki oleh Pemerintah Tala sebagai Kampung Hortikultura.

Kepala Desa (Kades) Suka Ramah Siti Khoiriyah mengatakan, desanya kerap menyuplai berbagai hasil hortikultura ke berbagai wilayah di Kalimantan setiap harinya.

"Desa Suka Ramah setiap harinya dapat menyuplai hasil hortikultura, seperti jagung manis dan sayur-sayuran. Kami mengirimkannya ke Pelaihari, Palangkaraya, Sungai Danau, dan Kotabaru. Bahkan, kami juga mengirimkannya sampai ke Kalimantan Timur (Kaltim)," ujar Siti dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (22/11/2023).

Siti menambahkan, konsumen yang berasal dari Kaltim juga sering kali rela datang secara langsung ke Desa Suka Ramah agar bisa memilih sendiri hasil hortikultura berkualitas sekaligus mendapatkan harga pertama.

"Padahal, mereka lebih dekat ke Sungai Danau. Namun, harga sudah tinggi kalau di Sungai Danau kata mereka," terang Siti.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tala, Gatot Subagio menjelaskan bahwa pemasaran yang dilakukan hingga luar provinsi merupakan jadi potensi yang luar biasa bagi masyarakat Desa Suka Ramah. Utamanya, bagi pelaku usaha perkebunan sayur-mayur.

"Pemerintah desa berharap, dapat terus bersinergi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sebagai pembina dalam mengembangkan potensi hortikultura. Termasuk, soal olahan turunan ataupun pemasaran agar lebih meningkatkan pendapatan masyarakat desa," ucap Gatot.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com