Advertorial

Mudahkan Penyaluran Pupuk Subsidi, Mentan Apresiasi Pemkab Tanah Laut

Kompas.com - 22/11/2023, 11:30 WIB

KOMPAS.com — Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia (RI) H Andi Amran Sulaiman memberikan apresiasi terhadap kinerja penyaluran pupuk bersubsidi di Kabupaten Tanah Laut (Tala).

Hal itu ia sampaikan dalam kunjungan kerja di area persawahan Desa Padang, Kecamatan Bati-Bati, Kabupaten Tala, Kamis (16/11/2023).

Mentan mengatakan bahwa penyaluran pupuk subsidi di Tala merupakan penyaluran terbaik di antara wilayah yang telah dikunjungi.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat karena program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) dan penyaluran pupuk subsidi di Tanah Laut menjadi yang terbaik," kata Amran dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (22/11/2023).

Mentan juga menilai bahwa penggunaan KTP untuk mengambil pupuk subsidi bagi anggota kelompok tani (Poktan) berjalan efektif sehingga diharapkan bisa ditiru oleh daerah lain di Indonesia.

"Setelah diskusi dengan petani, tidak ada petani yang mengeluh mengenai penyaluran pupuk subsidi. Hal ini terjadi karena adanya penerapan penggunaan KTP untuk menebus pupuk subsidi. Semoga, seluruh (wilayah) Indonesia dapat melakukan hal yang sama," tutur Amran.

Pada kesempatan ini, Mentan, Penjabat (Pj) Bupati Tala yang sekaligus Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kalimantan Selatan (Kalsel) H Syamsir Rahman, dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan peninjauan lahan rawa di beberapa titik.

Sebagai informasi, acara tersebut dihadiri oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pertanian Dedi Nursyamsi, staf Kementerian Pertanian, DPKP Kalsel, Forkopimda Tala, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (Distanhorbun) Tala, Camat Bati-Bati, penyuluh pertanian, dan petani Desa Padang.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com