Advertorial

Ketua DPRD DKI Ungkap Pentingnya Kendaraan Listrik untuk Jakarta

Kompas.com - 22/11/2023, 14:37 WIB

KOMPAS.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Daerah khusus Ibukota (DKI) Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyampaikan dukungannya untuk perhelatan pameran kendaraan listrik di Jakarta.

Salah satunya, pameran motor dan mobil listrik di Balai Kota Jakarta yang diinisiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Prasetyo mengatakan, pameran dapat menjadi ajang sosialisasi sekaligus edukasi cuma-cuma untuk pengunjung. Apalagi, imbuhnya, produk yang dipamerkan adalah kendaraan berbasis listrik yang dibutuhkan di Jakarta mengingat tingginya tingkat polusi udara.

“Melalui pameran ini, kami menyosialisasikan mobil dan motor listrik kepada masyarakat. Tujuannya, agar polusi di Jakarta yang sangat tinggi bisa teratasi. Mudah-mudahan dengan adanya pameran ini dapat mendukung program pemerintah dalam menekan polusi,” ujar Prasetyo dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Rabu (22/11/2023).

Prasetyo bercerita, keluarganya sempat merasakan dampak dari polusi udara di Jakarta. Salah satu cucunya terkena infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

"Cucu saya juga kena ISPA," ungkapnya.

Tak hanya sang cucu, Prasetyo turut merasakan gejala ISPA berupa tenggorokan gatal. Padahal, ia getol meminum susu sebagai sumber vitamin serta protein.

"Saya enggak tahu juga nih. Suara saya begini, gatal-gatal juga. Saya minum susu banyak juga hari ini," ucap Prasetyo.

Oleh karena itu, ia pun mengimbau warga agar terus mengenakan masker untuk menghindari polusi udara Ibu Kota.

Untuk diketahui, Jakarta pernah beberapa kali menjadi kota dengan kualitas udara terburuk di dunia. Berdasarkan data iqair.com, Rabu (22/11/2023), pukul 13.00 WIB, konsentrasi polutan udara (PM 2.5) di DKI Jakarta mencapai 9.6 kali dari nilai panduan kualitas udara tahunan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). (***)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com