Advertorial

Inspirasi Inovasi: Pemenang SIC Batch 4 Dapat Apresiasi dari Presiden SEIN

Kompas.com - 23/11/2023, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Program Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 4 2022/2023 resmi berakhir.

Pada ajang tersebut, tim Eaterstellar dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 7 Semarang berhasil menjadi juara pertama berkat inovasi produk Smart PLTS yang mereka ciptakan.

Adapun Smart PLTS merupakan sistem atau perangkat untuk memantau dan melakukan pertukaran sumber arus listrik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) di rumah ke pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) ataupun sebaliknya.

Sementara itu, juara dua diraih tim NEXUS4G dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Pekanbaru dengan solusi Nextoilet for Safety Bath dan juara tiga diraih tim Massive 5 dari SMKN 1 Cimahi dengan solusi Smart Sort Trash.

Presiden Samsung Electronics Indonesia (SEIN) Simon Lee mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi para peserta, khususnya murid dan guru yang berhasil menjadi juara pada ajang SIC Batch 4 2022/2023.

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada para pemenang, terutama untuk tim Eaterstellar dari SMKN 7 Semarang. Untuk guru pembimbing, terima kasih sudah menginspirasi mereka sehingga menjadi juara. Kami (SEIN) percaya bahwa inovasi yang kalian ciptakan bisa membawa perubahan dan memberikan kehidupan yang baik bagi masyarakat,” ujar Simon dalam acara SIC Batch 4 2022/2023 Winner Announcement di SPARK, Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Simon menambahkan, perubahan positif demi keberlanjutan lingkungan sudah seharusnya dilakukan oleh para generasi muda. Hal inilah yang menginspirasi Samsung untuk mengadakan program SIC secara global.

Melalui program tersebut, Samsung berupaya untuk mengembangkan bakat anak muda lewat pelatihan serta mendorong para peserta untuk memecahkan masalah lingkungan melalui inovasi berbasis teknologi.

Dengan begitu, kata Simon, anak-anak muda dapat mengoptimalkan potensinya di masa depan, khususnya di bidang teknologi.

“SIC hadir untuk mewadahi anak-anak yang ingin meraih mimpinya di bidang inovasi teknologi dan berdampak positif. Selama percaya, kalian pasti akan bisa mewujudkan mimpi tersebut. SEIN akan selalu hadir untuk membantu dan menginspirasi generasi muda Indonesia di masa depan,” tambah Simon.

Apresiasi pemerintah

Berkat peran pentingnya terhadap perkembangan anak Indonesia, program SIC yang diadakan oleh SEIN sejak 2019 itu pun mendapat apresiasi dari sejumlah lembaga pemerintahan Tanah Air. Salah satunya, dari Kementerian Agama (Kemenag).

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag Prof Dr H Muhammad Ali menjelaskan bahwa SIC berperan penting bagi dunia pendidikan di Tanah Air. Pasalnya, program ini mampu menjadi pelengkap bagi sistem yang sudah ada.

“Saya sangat berterima kasih pada SEIN yang telah mengadakan program SIC. Lewat program ini, anak-anak Indonesia bisa semakin kompeten dan jadi lebih siap menghadapi kehidupan nyata dengan berbagai dinamika kemutakhirannya,” jelas Ali.

Pemenang SIC Batch 4 saat bertemu Presiden SEIN dan perwakilan pemerintah. (Dok. Kompas.com/Erlangga Satya)

Ali menambahkan, di tengah pesatnya perkembangan teknologi, generasi muda tak boleh lagi hanya menjadi sekadar penikmat teknologi.

Ketua Tim Program Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Program Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) Kemendikbud Ristek Agus Wibowo mengakui program SIC yang diadakan SEIN memiliki manfaat besar bagi bidang teknologi Indonesia.

Menurutnya, program SIC selaras dengan kebijakan Kemendikbud Ristek untuk mendorong lulusan pendidikan vokasi yang memiliki digital skill agar mampu bersaing dengan negara-negara lain.

Agus berharap, program SIC di masa depan bisa semakin masif dan diikuti oleh berbagai peserta dari jenjang pendidikan di seluruh Indonesia. Pasalnya, program SIC mampu memacu motivasi siswa untuk melakukan inovasi, giat berlatih, dan belajar sehingga dapat membentuk mereka menjadi generasi bangsa yang membanggakan.

“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang SIC Batch 4, yaitu SMKN 7 Semarang. Kepada seluruh peserta yang lain, semoga ini menjadi langkah awal untuk menuju masa depan yang cemerlang. Kami juga berterima kasih pada SEIN dan kami tunggu kolaborasi selanjutnya,” kata Agus.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com