Advertorial

Wujudkan Impian Menjadi Great Generation Tanpa Beban Keuangan

Kompas.com - 23/11/2023, 17:27 WIB

KOMPAS.com – Istilah sandwich generation atau generasi sandwich bukan hal asing lagi di telinga. Istilah ini mengacu pada orang-orang di usia produktif yang harus menanggung kebutuhan finansial banyak pihak dalam waktu bersamaan. Umumnya, tanggungan tersebut meliputi orangtua, diri sendiri, saudara kandung, dan anak.

Di Indonesia, jumlah generasi sandwich terbilang tidak sedikit. Hal ini dapat dilihat dari rasio ketergantungan (dependency ratio), yaitu perbandingan antara total penduduk usia produktif (15-64 tahun) dan nonproduktif (0-14 tahun dan 65 tahun ke atas).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), penduduk Indonesia diproyeksikan mencapai 275,77 juta jiwa pada 2022 atau naik 1,13 persen dari 2021 (272,68 juta jiwa). Jumlah tersebut didominasi kelompok usia produktif (69,25 persen), sedangkan sisanya adalah kelompok usia nonproduktif.

Dari temuan itu, rasio ketergantungan di Indonesia mencapai 44,67 persen. Ini berarti, setiap 100 penduduk produktif menanggung sekitar 44 penduduk usia nonproduktif. Pada 2025, rasio ini diproyeksi naik menjadi 47,2 persen.

Tantangan dan tekanan

Dengan berbagai tantangan finansial dan tekanan psikologis yang muncul dari berbagai arah, menjalani hidup sebagai generasi sandwich tidak mudah.

Dari segi finansial, kelompok tersebut harus menanggung kebutuhan dan biaya hidup beberapa jiwa di samping diri sendiri. Beban ini dapat semakin terasa berat jika penghasilan yang dimiliki terbatas.

Dari segi psikologis, generasi sandwich harus berhadapan stres dan konflik yang mungkin timbul akibat perbedaan pandangan dan gaya hidup antara generasi sebelum dan sesudahnya.

Generasi sandwich juga harus mampu menyeimbangkan antara peran sebagai anak, orangtua, dan pekerja. Tidak jarang, rasa bersalah juga datang karena tidak bisa memberikan perhatian dan waktu yang cukup kepada keluarga akibat tuntutan ekonomi. Pikiran makin berkecamuk ketika diri tidak bisa memenuhi kebutuhan sosial dan gaya hidup lantaran keterbatasan finansial.

Dengan segala beban yang ditanggung, sejatinya generasi sandwich adalah great generation. Sebab, di tengah tantangan finansial, kelompok ini juga masih berani untuk bermimpi. Salah satunya, mencapai financial freedom.

Bila Anda termasuk generasi sandwich dengan mimpi tersebut, persiapkan rencana finansial secara matang. Misalnya, dengan memprioritaskan anggaran untuk kebutuhan primer dan investasi serta memiliki proteksi.

Untuk proteksi, Anda bisa mempertimbangkan Great Eastern Life Indonesia. Perusahaan asuransi jiwa ini menawarkan solusi perlindungan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial, info lebih lanjut dapat dicek pada laman www.greateasternlife.com/id. Dengan begitu, Anda bisa tenang dan fokus dalam mengejar mimpi untuk “Jadi Hebat, Reach for Great”.

Melalui “Reach for Great”, Great Eastern Life Indonesia berkomitmen untuk menjawab berbagai kebutuhan akan solusi perlindungan sampai aspirasi hidup nasabah terwujud.

Lewat brand campaign tersebut, Great Eastern Life Indonesia akan menangkap kegundahan para sandwich generation yang sedang berjuang untuk menjadi great generation dan mencapai mimpi hebatnya.

Adapun kampanye “Reach for Great” digelar dalam dua fase. Fase pertama terlaksana dengan sukses dan diikuti oleh ratusan partisipan pada awal 2023 melalui kehadiran Photobooth Great Generation di MRT Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta.

Fase kedua yang hanya berlangsung dua minggu juga berlangsung seru lewat kehadiran Photobox Great Generation di Jembatan Penyebrangan Multiguna (JPM) Dukuh Atas, Jakarta. Partisipan kampanye fase ini meningkat hingga ribuan orang.

Great Eastern Life Indonesia telah menyiapkan hadiah menarik dan kesempatan nonton bareng Great Generation dan penyanyi kenamaan Andien Aisyah di bioskop bagi pemenang Photobox Great Generartion fase kedua pada akhir November 2023.

Tak hanya itu, serangkaian kampanye “Reach for Great” ini diakhiri dengan adanya kompetisi foto atau video 10-30 detik di Instagram, dan masih ada kesempatan untuk mengikutinya sampai 30 November 2023.

Syarat kompetisi itu cukup mudah, yaitu menceritakan pengalaman jatuh bangun great generation yang juga generasi sandwich dalam memenuhi kebutuhan hidup tiga generasi sambil menggapai mimpi serta kiat mewujudkan financial freedom untuk jadi hebat di masa depan.

Aturan selengkapnya mengenai kompetisi foto dan video tersebut bisa dicek di laman id.gelife.co/carakujadihebat.

Adapun pemenang dari kompetisi foto dan video yang sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku berkesempatan mendapatkan berbagai hadiah menarik, seperti Asuransi GREAT Pro Solution senilai Rp 3 juta, logam mulia seberat 1 gram, headphone Audio Technica, dan buku berjudul “You Do You” yang ditandatangani oleh Fellexandro Ruby.

Ayo, tunjukkan kepada dunia bahwa Anda adalah great generation hebat yang bisa mewujudkan mimpi tanpa beban keuangan. Reach for Great bersama Great Eastern Life Indonesia!

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com