Advertorial

Buka Larwasda 2023, Sekda Klaten Serahkan Sejumlah Penghargaan

Kompas.com - 23/11/2023, 19:33 WIB

KOMPAS.com – Inspektorat Daerah Kabupaten Klaten menyelenggarakan Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda) 2023 di Gedung Wongso Menggolo Klaten, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (23/11/2023).

Pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Klaten Jajang Prihono membuka acara sekaligus memberikan sejumlah penghargaan.

Adapun penghargaan yang diberikan antara lain penghargaan Terbaik I pada kategori Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Klaten, Terbaik II kepada Inspektorat Klaten, serta Terbaik III kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Klaten.

Selanjutnya, penghargaan Terbaik I untuk kategori Sekolah Berintegritas kepada Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Tlobong, Terbaik II kepada SDN 1 Sawahan, dan Terbaik III kepada SDN 2 Blimbing.

Jajang juga menyerahkan penghargaan Desa Antikorupsi kepada Desa Jeblog, Kecamatan Karanganom.

Sambutan Bupati Klaten yang disampaikan Jajang mengatakan bahwa Larwasda 2023 merupakan wadah koordinasi sekaligus forum evaluasi penyelenggaraan pemerintahan.

“Diperlukan sinergitas dalam pelaksanaan pengawasan, baik dengan organisasi perangkat daerah (OPD), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), maupun Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), untuk berkonsultasi serta melakukan tindakan pencegahan korupsi di daerah secara efektif dan efisien,” jelas Jajang dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis.

Pada kesempatan itu, dia juga mengapresiasi inovasi-inovasi yang telah dilaksanakan Inspektorat Kabupaten Klaten. Ia berharap, inovasi itu bisa ditingkatkan, khususnya pada tata kelola pemerintah.

Untuk diketahui, Larwasda 2023 dikemas dalam gelar wicara (talk show) yang menghadirkan sejumlah narasumber, seperti perwakilan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jateng, BPKP Yogyakarta, dan Inspektorat Provinsi Jateng.

“Mari kita manfaatkan (pemaparan narasumber) dengan baik agar pengawasan pada tahun mendatang menjadi lebih baik. Semoga semua pihak juga dapat meningkatkan sinergi serta transformasi aparat pengawas internal pemerintah (APIP) dalam rangka perbaikan tata kelola dan pencegahan korupsi,” ujar Jajang.

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Inspektur Kabupaten Klaten Agus Suprapto menyampaikan bahwa pelaksanaan Larwasda 2023 bertujuan untuk memaparkan peran dan hasil pengawasan APIP Kabupaten Klaten 2023.

“Acara itu juga digelar untuk menggelorakan kolaborasi guna mewujudkan pemerintahan efektif, efisien, dan akuntabel, serta memublikasikan peran dan hasil pengawasan Inspektorat Daerah Kabupaten Klaten,” kata Agus.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com