Advertorial

Peringati HGN 2023, Ribuan Guru Ikuti Senam Bersama di Alun-alun Kabupaten Klaten

Kompas.com - 24/11/2023, 14:37 WIB

KOMPAS.com – Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) yang jatuh setiap 25 November, ribuan guru mengikuti senam bersama Bupati Klaten Sri Mulyani di Alun-alun Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Jumat (24/11/2024).

Mengusung tema “Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar”, acara tersebut dihadiri oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Direktur Utama (Dirut) Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan Koordinator Wilayah (Korwil) Pendidikan.


Hadir pula guru dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD), sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), hingga sekolah menengah kejuruan (SMK).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Klaten Titin Windiyarsih mengatakan, tema HGN 2023 bertujuan untuk meningkatkan peran strategis guru dalam pembangunan sikap, keterampilan, dan pengetahuan guna meningkatkan kualitas pendidikan.

Kemudian, mencontoh semangat dan dedikasi guru sebagai pendidik yang profesional, berkualitas, serta meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya peran guru dalam membentuk karakter bangsa.

Titin memaparkan, senam bersama tersebut diikuti 2.500 guru, mulai dari yang berstatus sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS), Guru Tidak Tetap (GTT), hingga Pegawai Tidak Tetap (PTT).

“Meski mengikuti senam, pembelajaran di sekolah tetap berjalan seperti biasa,” jelasnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat.

Selain senam bersama, Bupati Klaten juga memberikan 300 paket bantuan sosial kepada para guru dan siswa di wilayahnya.

Paket tersebut berupa 200 paket sembako masing-masing senilai Rp 250.000 untuk guru GTT dan PTT dari berbagai jenjang pendidikan, serta 100 paket beasiswa dalam bentuk rekening Bank Klaten untuk para siswa dari berbagai jenjang pendidikan senilai masing-masing Rp 100.000.

Rangkaian perayaan HGN 2023 ditutup dengan upacara yang bakal diikuti 2.500 guru di Alun-alun Kabupaten Klaten, Minggu (25/11/2023).

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi guru dalam pembelajaran di sekolah masing-masing. Dengan begitu, kualitas pendidikan di Kabupaten Klaten mengalami peningkatan dan dapat mencetak generasi muda yang unggul dan berdaya saing,” jelas Titin.

Sementara itu, Bupati Klaten menyampaikan bahwa peringatan HGN penting sebagai pengingat terhadap perjalanan sejarah bangsa.

Melalui kegiatan senam, lanjutnya, guru diharapkan menjadi lebih sehat dapat memiliki komitmen kuat untuk mencetak generasi penerus bangsa.

“Saya berharap, melalui kegiatan ini, rasa persatuan, kerukunan, dan kebersamaan kita meningkat. Dengan tubuh yang sehat, kita bisa beraktivitas, bekerja, dan berkarya dengan lebih baik,” imbuh Bupati Klaten.

Setelah senam, acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sosial secara simbolis oleh Bupati Klaten kepada perwakilan guru. Acara pun diakhiri dengan pembagian doorprize dan hiburan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com