Advertorial

Berencana Liburan ke Luar Negeri? Berikut 3 Rekomendasi Negaranya

Kompas.com - 24/11/2023, 16:35 WIB

KOMPAS.com – Liburan ke luar negeri merupakan impian banyak orang. Selain melepas penat, hal tersebut juga bisa menjadi sarana untuk menambah wawasan dan pengalaman baru.

Ada banyak negara yang menawarkan pesona alam, budaya, dan kuliner menarik untuk dieksplorasi. Jika Anda bingung memilih negara tujuan liburan, Kompas.com punya rekomendasinya. Berikut adalah ulasannya.

  1. Jepang

Negara ini punya banyak daya tarik, mulai dari keindahan alam seperti Gunung Fuji dan bunga sakura, budaya tradisional seperti samurai dan geisha, hingga teknologi modern seperti robot. Tidak hanya itu, Jepang juga terkenal dengan kuliner lezat, seperti sushi, ramen, dan takoyaki.

Dengan segala daya tarik yang dimiliki, tak heran, banyak warga negara Indonesia (WNI) menjadikan Negeri Sakura sebagai destinasi wisata.

Berdasarkan data Organisasi Pariwisata Nasional Jepang yang dilansir Kompas.com, Kamis (16/2/2023), kunjungan WNI ke Jepang, baik untuk kepentingan bisnis maupun liburan, meningkat dari 1,3 juta orang pada Desember 2022 menjadi 1,4 juta orang pada Januari 2023.

  1. Prancis

Prancis merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di dunia, termasuk Indonesia. Negara ini memiliki pesona arsitektur klasik, seperti Menara Eiffel dan Notre Dame serta seni dan budaya, seperti Louvre dan Moulin Rouge. Ada pula Sungai Seine dan kastil Versailles yang menawarkan nuansa romantis.

Ibu kota Paris itu juga terkenal kelezatan kulinernya, seperti croissant, macaron, dan wine.

Berkat keunikan yang dimiliki, Prancis diprediksi akan menjadi negara yang paling banyak dikunjungi di dunia pada 2025, dengan jumlah kunjungan 93,7 juta wisatawan asing, menurut perusahaan data dan analitik asal Inggris, GlobalData.

  1. Australia

Negara ini merupakan surga bagi pencinta alam dan petualangan. Pasalnya, Australia memiliki kekayaan alam yang mengagumkan, seperti Great Barrier Reef dan Uluru. Apalagi, satwa liar di sana juga unik, seperti kanguru, koala, dan platipus.

Selain itu, Negeri Kangguru juga terkenal memiliki kuliner lezat, seperti steak, pie, dan vegemite.

Dilansir Kompas.com, Sabtu (1/6/2022), Indonesia berada di peringkat ke-11 sebagai pasar inbound Australia. Sebanyak 74 persen WNI yang berlibur ke negara tersebut merupakan wisatawan yang datang berulang.

Selain daya tarik tersebut, Australia dipilih sebagai destinasi wisata karena dekat dengan Indonesia. Penerbangan Indonesia-Australia rata-rata berdurasi 5 jam 23 menit.

Persiapan liburan

Sebelum berangkat, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar liburan Anda berjalan lancar dan nyaman, seperti paspor atau visa, tiket pesawat dan hotel, serta perlengkapan pribadi, mulai dari pakaian hingga obat-obatan.

Hal yang tak kalah penting adalah mata uang asing yang berlaku di negara tujuan. Contohnya, Jepang dengan yen, Prancis dengan euro, dan Australia dengan dollar Australia.

Perlu diketahui, setiap negara memiliki nilai tukar yang berbeda-beda terhadap rupiah. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui kurs mata uang asing yang berlaku saat Anda berlibur. Selain itu, Anda juga perlu menukarkan rupiah ke mata uang asing.

Namun, menukar mata uang asing tidaklah mudah. Anda harus mencari tempat penukaran yang tepercaya, mengantre, dan membawa uang tunai dalam jumlah besar. Belum lagi risiko kehilangan atau dicuri saat membawa uang tunai.

Kerepotan itu akan bertambah bila Anda berlibur ke lebih dari satu negara karena harus menukar mata uang berkali-kali.

Untuk memudahkan penukaran mata uang asing saat berlibur, Anda bisa menggunakan D-Bank PRO by Danamon.

D-Bank PRO adalah aplikasi satu kendali yang memiliki berbagai macam fitur dan keuntungan untuk memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi kapan dan di mana saja.

Salah satu fitur unggulan dari D-Bank PRO adalah Bank Notes Order. Fitur ini memudahkan Anda ketika membutuhkan bank notes mata uang asing. Sebab, kebutuhan tersebut bisa dipesan H-1 melalui D-Bank PRO dan Anda tinggal mengambilnya pada cabang Danamon terpilih.

Selain itu, D-Bank PRO by Danamon juga menyediakan layanan transfer valas antar-rekening Danamon dan antarbank (remittance) menggunakan FX Live Rate (bukan counter rate).

FX Live Rate sendiri menawarkan kurs spesial dari Danamon yang terus diperbarui setiap hari kerja selama trading hours mulai 09.00 – 15.00 WIB.

D-Bank PRO juga menyediakan Market Insight, yakni fitur yang menampilkan informasi pasar, mulai dari ekonomi, bisnis, hingga data aktual pasar keuangan, seperti saham, obligasi, dan nilai tukar valas. Informasi yang disajikan dirangkum dan diseleksi dari sumber tepercaya.

Tidak hanya itu, D-Bank PRO by Danamon juga mengakomodasi pembukaan tabungan Danamon LEBIH PRO bagi nasabah tabungan Danamon Save. Produk tabungan mata uang asing ini memiliki beragam keunggulan. Salah satunya, ketersediaan sembilan pilihan mata uang asing dalam satu rekening, yaitu rupiah, dollar Australia, dollar New Zealand, dollar Singapura, euro, poundsterling, yen, dan yuan.

Keuntungan lain yang ditawarkan rekening tabungan itu adalah bebas biaya tarik tunai hingga 99 kali per bulan dengan saldo sebelum transaksi minimal Rp 5 juta, bebas biaya transfer via BI Fast dengan ketentuan serupa, dan cashback 5 persen hingga Rp 200.000 dari transaksi di SPBU dan supermarket menggunakan Kartu Debit Danamon setiap bulan.

Itulah beberapa negara yang wajib dikunjungi saat liburan ke luar negeri. Jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, termasuk urusan mata uang asing.

Dengan D-Bank PRO, persiapan liburan Anda ke luar negeri menjadi lebih nyaman karena tidak perlu repot mencari tempat penukaran mata uang asing. Anda juga bisa melakukan transaksi valas kapan saja dan di mana saja.

Selain itu, saksikan juga Danamon Financial Friday yang tayang setiap Jumat di Youtube dan Vidio untuk mendapatkan solusi finansial dari Danamon Expert.

D-Bank PRO by Danamon, aplikasi satu kendali yang #SelaluMenggoda.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com