Advertorial

Catat, Ini 4 Cara Bangun Pola Hidup Sehat

Kompas.com - 25/11/2023, 11:39 WIB

KOMPAS.com – Indonesia merayakan Hari Kesehatan Nasional setiap 12 November. Peringatan ini penting lantaran kesehatan adalah aset paling berharga bagi setiap orang.

Agar memiliki kondisi kesehatan yang baik, setiap orang harus bisa menerapkan pola hidup yang baik pula.

Dengan menerapkan pola hidup sehat, maka kesehatan tubuh dan mental dapat terus terjaga sehingga bisa berdampak pada peningkatan kualitas hidup di masa depan.

Meski begitu, perlu disadari juga bahwa biarpun telah menerapkan pola hidup sehat, bukan berarti Anda jadi kebal terhadap berbagai penyakit atau bahkan tak akan mendapat perawatan medis.

Pasalnya, terdapat sejumlah faktor eksternal yang bisa membuat kondisi kesehatan tubuh menurun, seperti polusi udara dan kondisi cuaca yang tidak menentu.

Ada sejumlah hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh di tengah kepadatan aktivitas sehari-hari.

  1. Rutin olahraga

Olahraga adalah salah satu aktivitas penting untuk membantu kebugaran dan kesehatan tubuh. Tak perlu melakukan olahraga berat, seperti gym atau joging yang menguras banyak tenaga.

Anda bisa mulai kebiasaan olahraga dengan melakukan gerakan ringan atau olahraga yang disenangi, seperti berenang, jalan santai, dan peregangan.

Terpenting, lakukan pergerakan aktif minimal 30 menit per hari agar badan lebih bugar dan banyak oksigen yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Konsumsi makanan sehat

Sebagian orang tidak gemar mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah-buahan, karena alasan-alasan tertentu.

Padahal, mengonsumsi makanan sehat dapat terasa lebih nikmat jika tahu banyak resep dan cara mengolahnya.

Selain punya kandungan gizi dan nutrisi kompleks, mengonsumsi sayur atau buah juga dapat membantu mengontrol keinginan makan dengan porsi berlebih.

  1. Cukup tidur

Anda perlu mendapatkan waktu tidur minimal 7 jam dalam sehari untuk bisa memulihkan kondisi fisik dan mental setelah beraktivitas.

Agar menjadi lebih relaks, Anda dapat mendengarkan musik ataupun membaca buku sesaat sebelum tidur.

  1. Kelola stres

Tidak dapat dimungkiri, menghindari stres merupakan salah satu upaya penting dalam menjaga pola hidup sehat.

Bagi orang dewasa, stres biasanya terjadi karena beban pekerjaan dan tuntutan tinggi terhadap aspek-aspek kehidupan tertentu.

Ilustrasi strees karena pekerjaan.Dok. Istimewa Ilustrasi strees karena pekerjaan.

Oleh karena itu, Anda harus bisa mengelola stres agar tubuh dan pikiran bisa tetap sehat. Anda bisa melakukan berbagai hal menyenangkan ataupun bersosialisasi untuk meminimalkan stres.

Itu dia empat upaya yang dapat Anda lakukan dalam menerapkan pola hidup sehat.

Menerapkan pola hidup sehat memang tidak mudah. Akan tetapi, tak ada salahnya memulai karena kebiasaan tersebut dapat meminimalisasi risiko sakit di masa depan.

Jika telah mulai menerapkan pola hidup sehat, penting bagi Anda untuk bisa melakukannya secara disiplin.

Namun, perlu diingat bahwa menerapkan hidup sehat bukan berarti Anda dapat terhindar sepenuhnya dari semua gejala dan masalah kesehatan.

Anda harus tetap waspada terhadap semua risiko penyakit yang ada, khususnya penyakit berat yang membutuhkan biaya besar untuk perawatannya.

Seperti diketahui, biaya pengobatan dapat menjadi beban finansial yang berpotensi mengganggu stabilitas keuangan Anda dan keluarga.

Tak jarang, kondisi tersebut membuat Anda membutuhkan dana pinjaman untuk berobat agar kesehatan dapat terus terjaga.

Anda yang membutuhkan dana untuk biaya pengobatan kini tak perlu khawatir. Pasalnya, PT Toyota Astra Financial Services (TAF) menghadirkan solusi dana tunai melalui SiapDana.

SiapDana hadir sebagai solusi dana tunai untuk kebutuhan apa pun, mulai dari keperluan untuk kesehatan, pernikahan, pendidikan, travelling, hingga renovasi rumah.

Soal keamanan, Anda tak perlu ragu karena layanan SiapDana berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, TAF sendiri telah memiliki lebih dari 700.000 pelanggan sejak 2005.

Mendapatkan dana tunai dari SiapDana pun cukup mudah. Anda cukup menjaminkan Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKP) mobil dan bisa langsung mendapatkan pencairan dana tunai hingga Rp 500 juta.

Bunga pinjaman SiapDana pun terbilang rendah, yakni mulai dari 0,67 persen per bulan dengan tenor hingga 4 tahun.

Ingin tahu lebih banyak soal SiapDana? Kunjungi situs resminya sekarang juga di tautan ini. Dengan TAF SiapDana, #SelaluAdaDana

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com