Advertorial

Optimalkan Gawai, Kemenkominfo Ajak Gen Z Bandung Bela Negara di Era Digital

Kompas.com - 25/11/2023, 17:30 WIB

KOMPAS.com - Bela negara di society 5.0 tak lagi identik dengan perang, angkat senjata, atau pertempuran. Sebaliknya, gawai kini menjadi salah satu senjata utama untuk bela negara.

Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Informasi dan Komunikasi Pertahanan dan Keamanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Dikdik Sadaka dalam forum diskusi publik bertajuk "Gen Z Bela Negara, Emang Bisa?” di Bandung, Jawa Barat (Jabar), Jumat (24/11/2023).

Dikdik menilai, di era digital saat ini ada berbagai bentuk bela negara yang dapat dilakukan berbagai kalangan, mulai dari menyebarkan hal positif lewat konten, menjadi pemengaruh (influencer) antihoaks di keluarga, hingga membuat personal branding yang bermanfaat di media sosial.

"Kunci utamanya adalah bela dirimu dahulu, kemudian bela keluargamu dan berakhir dengan bela negara," ujar Dikdik dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (25/11/2023).

Hal itu diamini pemengaruh asal Jakarta Sherly Annavita Rachmi. Pada kesempatan tersebut, Sherly mengatakan, hal utama yang dapat dilakukan untuk menjalankan aksi bela negara adalah mengenali diri sendiri.

"Siapa pun bisa berkontribusi dalam hal bela negara sesuai dengan kapasitas masing-masing. Namun, pada saat ini, gawai adalah senjata paling ampuh untuk bela negara," katanya.

Sementara itu, pelaku industri kreatif asal Bandung Evan Driyandana mengungkapkan, untuk bisa melakukan bela negara dengan baik, masyarakat harus menyadari bahwa bela negara bukan hanya kewajiban, tetapi juga hak.

"Kalau sudah tau hak bela negara, kita tidak akan keberatan melakukan aksi bela negara," kata Evan.

Untuk diketahui, diskusi publik tersebut merupakan bagian dari roadshow kampanye bela negara yang diinisiasi Kemenkominfo. Sedikitnya, 100 anak muda dari kalangan generasi Z (Gen Z) asal Bandung mengikuti diskusi tersebut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com