Advertorial

Diikuti 350 Peserta, "DAIKIN Designer Award" Lahirkan Karya Hunian Ideal

Kompas.com - 25/11/2023, 20:29 WIB

KOMPAS.com - PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) kembali menggelar kompetisi tahunan "DAIKIN Proshop Designer Award 2023" bagi pegiat desain interior dan arsitektur di Hotel Westin, Jakarta, Jumat (24/11/2023).

Kompetisi memilih 18 pemenang dari tiga kategori utama dan tiga kategori khusus yang menjadi representasi karya terbaik lebih dari 350 peserta yang berpartisipasi sejak pendaftaran dibuka pada 1 Juni 2023.

Presiden Direktur DAIKIN Shinji Miyata mengaku sangat bangga dengan semakin meningkatnya jumlah peserta sekaligus beragamnya pendekatan yang digunakan dalam karya-karya pemenang.

“Mereka membawa semangat bagi semakin bertumbuhnya ide tentang lahirnya hunian ideal yang memberikan kenyamanan dalam ruang dari paduan estetika dengan tata udara,” ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (25/11/2023).

Shinji menilai, tumbuhnya ide tentang hunian ideal ini sesuai dengan asal mula "DAIKIN Designer Award" yang mencapai kali ketiga penyelenggaraan pada 2023.

Lebih dari sebuah kompetisi, DAIKIN Designer Award bermaksud membuka ruang bagi para pegiat arsitektur dan desain interior untuk dapat berbagi visi yang sama tentang hunian yang mementingkan aspek estetika. 

Lebih dari itu, kompetisi ini mengajak pegiat arsitektur dan desain interior menghadirkan solusi tata udara sebagai pendukung kenyamanan dan kesehatan yang harmoni dengan keseluruhan dekor interior ruang.

DAIKIN sebagai spesialis AC global dengan pengalaman hampir satu abad memiliki ragam teknologi dan inovasi pada lini produk khusus yang menjadi pendukung visi bagi terciptanya hunian ideal tersebut.

Visi itu dihadirkan melalui jajaran AC DAIKIN Home Central yang memungkinkan penyederhanaan instalasi terkait pemipaan.

Sebab, satu unit outdoor dapat terhubung dengan beberapa unit indoor sekaligus sesuai kapasitas pendinginannya.

AC DAIKIN Home Central pun memiliki desain unit indoor beragam yang sengaja dibuat demikian dengan tujuan dapat berpadu sekaligus menambahkan nuansa elegan bagi interior tiap jenis ruang sesuai peruntukannya.

Melengkapi keunggulannya, dukungan penjagaan kesehatan pengguna terdapat pada kemampuannya menjaga tingkat kelembaban dan mengeliminasi berbagai partikel berbahaya bagi kesehatan yang melayang di udara dalam ruang melalui filtrasi berlapis.

Shinji mengatakan, DAIKIN terus berkomitmen untuk mengembangkan penyelenggaraan DAIKIN Proshop Designer Awards di masa mendatang.

“Pada tiap usainya penyelenggaraan DAIKIN Proshop Designer Awards, kami berharap menjadi awal bagi semakin bertumbuhnya ide tentang hunian ideal bagi masyarakat Indonesia yang tercipta dari interaksi yang saling menginspirasi diantara seluruh pesertanya,” jelasnya.

Pemenang Finished Project

GeTs Architect menjadi pemenang pertama dalam kategori Finished Project untuk kelompok karya arsitektur dalam kompetisi tahunan 'DAIKIN Proshop Designer Award 2023' di Hotel Westin, Jakarta, Jumat (24/11/2023).DOK. Humas DAIKIN GeTs Architect menjadi pemenang pertama dalam kategori Finished Project untuk kelompok karya arsitektur dalam kompetisi tahunan 'DAIKIN Proshop Designer Award 2023' di Hotel Westin, Jakarta, Jumat (24/11/2023).

Jajaran pemenang GeTs Architect menjadi pemenang pertama dalam kategori Finished Project untuk kelompok karya arsitektur.

Sebagai kategori yang mewakili proyek hunian yang telah terbangun dengan dukungan AC DAIKIN, GeTs Architect menjadi pilihan panel juri yang terdiri dari perwakilan IAI dan pihak DAIKIN dengan konsep The Gritted Grid yang diusung. 

GeTs Architect memanfaatkan AC Home Central jenis MULTI NX yang diaplikasikan dalam bentuk boxtrox, permainan solid, dan void pada massa bangunan dalam hunian.

Desain tersebut ini memberikan estetika unik tanpa meninggalkan fungsi utama sebagai ventilasi udara, penyaring cahaya matahari, serta pemisahan visual antara area publik dan privat.

Untuk kategori yang sama bagi karya desain interior, Cowema Studio didapuk menjadi pemenang dengan karya Tropical Classic yang kuat dengan nuansa elegan pada tiap sudut bangunan.

Proyek rumah tinggal pada lahan 420 meter persegi itu dibangun dalam semangat elegance, clean, detail dan classic

Manifestasi classic pada garis desain yang digunakan tak lepas dari upaya Cowema Studio membangun hunian agar berkesesuaian dengan iklim tropis Indonesia.

Cowema Studio menjadi pemenang dengan karya Tropical Classic dalam kompetisi tahunan 'DAIKIN Proshop Designer Award 2023' di Hotel Westin, Jakarta, Jumat (24/11/2023). (DOK. Humas DAIKIN) Cowema Studio menjadi pemenang dengan karya Tropical Classic dalam kompetisi tahunan 'DAIKIN Proshop Designer Award 2023' di Hotel Westin, Jakarta, Jumat (24/11/2023). (DOK. Humas DAIKIN)

Sementara penggunaan VRV Home Series dan Multi NX yang merupakan lini dari AC Home Central DAIKIN dipilih untuk diaplikasikan dalam konsep boxtrox.

Konsep itu dipilih untuk membuat plafon terlihat lebih rapi dengan hanya memperlihatkan garis hitam pada plafon sebagai saluran udara. 

Kategori konseptual

Karya pada kategori konseptual juga tidak kalah memukau. Kategori ini terdiri dari dua tantangan, yakni hunian dan ruang komersial untuk bidang usaha food and beverages.

Kedua tantangan itu memiliki keunikan tersendiri karena mengharuskan peserta mendesain interior rumah tinggal atau bangunan rumah toko (ruko) dari Sarwendah sebagai salah satu selebritas Indonesia yang juga duduk sebagai panel juri dalam kategori ini. 

Untuk interior hunian, rumah tinggal Sarwendah beserta suami dan ketiga anaknya di BSD City Cluster Kanade at The Zora Tipe 10 dengan luas 200 meter persegi menjadi tantangan.

Sementara itu, bagi tata interior ruang komersial, tantangan tak kalah besar karena para peserta mendesain tempat usaha Sarwendah di Ruko Daikanyama The Zora BSD, Tangerang.

Tantangan itu dibuat dengan tingkat kesulitan tinggi untuk menata keseluruhan interior dari bangunan dua ruko yang dijadikan satu dengan tiga lantai dan satu rooftop dengan luas keseluruhan 200 meter persegi. 

Sarwendah yang menjadi penilai langsung dalam kategori konseptual itu mengharapkan keseluruhan karya tata ruang diperuntukkan bagi cafe bertema Jepang dilengkapi studio foto dengan busana tradisional Jepang yang dapat disewakan. 

Rons Studio dengan konsep classic modern berhasil menjawab tantangan kategori karya konseptual bagi hunian sebagai karya terbaik untuk kelompok karya arsitektur kelas profesional.

Karya bertajuk “Classic Meets Ethnic in Modern House” itu berhasil mencuri perhatian besar juri berkat eksplorasi perpaduan warna yang memberikan kesan elegan dengan penggunaan aksesoris karya tangan lokal semakin mempertegas suasana dan isi ruang.

Pemilihan material kayu berwarna coklat menghasilkan ruang yang hangat dan homey

Pada karya konseptual tata interior ruang komersial, PT Allure Cipta Persada menjadi juara pertama lewat konsep Nihon Nidorama.

Kisah legendaris Jepang yang menuturkan kehidupan perempuan dari keluarga miskin itu yang berhasil meraih kesuksesan itu menjadi inspirasi karya.

Kesan kuat dapat dilihat pada ornamen utama yang menyerupai bentuk ombak menerpa seorang perempuan yang mewakili sosok Oshin.

Perpaduan garis lurus dan lengkung dibuat mewakili sosok Oshin sebagai perempuan kuat sekaligus lemah lembut yang menjadi simbol emansipasi perempuan.

Di sisi lain, peserta khusus dari kelompok mahasiswa, Universitas Bina Nusantara Jakarta menyapu bersih kedua kategori.

Kategori karya konseptual hunian dimenangkan Marvin Luckianto, Drake Agrajalada Liemmore, dan Gerry Leonardo. 

Lalu, pemenang untuk kategori bangunan komersial Food & Beverages adalah Darwis Jayadi, Alaric Ferdianus dan Alexandra Lidwina.

Penghargaan spesial

Dalam malam penghargaan DAIKIN Proshop Designer Award 2023 itu, DAIKIN juga memberikan penghargaan spesial bagi hasil karya arsitektur dan desain interior.

Shinji mengatakan, penghargaan itu diberikan untuk karya yang lebih dari sekadar berhasil mengaplikasikan AC Home Central dalam karyanya.

“Penghargaan ini diberikan pada pegiat arsitektur dan desainer interior yang karyanya layak menjadi sebuah inspirasi bagi bangunan yang memberi fokus pada penciptaan tata udara berkualitas tanpa meninggalkan pesona estetikanya,” ujarnya.

Terdapat tiga karya yang menjadi penerima penghargaan spesial tersebut, yakni Yori Antar Awal dari Han Awal Partners and Architect dengan karya Kebon Jeruk Residence sebagai The Most Inspirative Home Sanctuary Design 2023.

Selanjutnya, Leo Einstein Fransciscus dari Einstein and Associates menerima penghargaan karya The Most Photogenic Restaurant Design 2023 lewat karya Padhi Resto.

Kemudian, Ary Indra dari Aboday diberi gelar The Most Creative Commercial Design 2023 dengan karya Pitu Rooms. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com