Advertorial

7 Tip Liburan Akhir Tahun Hemat dan Berkesan di Jakarta

Kompas.com - 27/11/2023, 15:36 WIB

KOMPAS.com – Aktivitas liburan dan bermalam di hotel di Jakarta tidak selalu identik dengan biaya yang mahal. Jika mengetahui tip yang tepat, kamu bisa menginap dan berlibur di Jakarta dengan biaya yang cukup hemat. Apalagi, jika kamu memanfaatkan promo akhir tahun dari Traveloka.

Jelang akhir tahun, Traveloka menghadirkan promo Year End Sale (YES) #DontWorryNoRugi berupa diskon tiket pesawat, promo hotel dan atraksi sampai dengan 50 persen, dan kupon diskon sampai Rp 2 juta dengan transaksi menggunakan Traveloka PayLater.

Dengan promo tersebut, kamu bisa menghapus stigma liburan dan menginap di Jakarta membutuhkan biaya mahal. Jadi, kamu enggak perlu khawatir lagi saat pergi liburan dan sewa hotel di Jakarta.

Lalu, bagaimana caranya liburan hemat dan berkesan di Jakarta? Simak tip berikut ini, ya.

  1. Pilih hotel strategis

Liburan di Jakarta rasanya kurang puas jika cuma satu hari. Untuk itu, kamu disarankan menginap di salah satu hotel di Jakarta. Selain itu, sebaiknya pilih hotel yang strategi dan dekat dengan berbagai lokasi menarik untuk dikunjungi.

Dengan begitu, kamu bisa menghemat biaya dan waktu untuk mengunjungi berbagai destinasi. Supaya bisa lebih menikmati liburan dengan istirahat di hotel dengan fasilitas terbaik, manfaatkan juga promo yang tersedia.

  1. Booking hotel lebih awal untuk dapatkan harga terbaik

Selain memanfaatkan promo YES dari Traveloka, kamu juga bisa memperoleh keuntungan maksimal melalui potongan harga karena memesan kamar hotel lebih awal. Sebab, banyak hotel biasanya memberikan diskon bagi tamu yang memesan kamar lebih awal.

Maka dari itu, jangan lewatkan kesempatan tersebut supaya kamu bisa lebih menghemat bujet.

  1. Pilih maskapai yang menawarkan diskon tiket pesawat

Jika kamu berasal dari luar Jakarta yang harus bepergian menggunakan pesawat, kamu bisa memanfaatkan diskon tiket pesawat yang biasanya ditawarkan maskapai penerbangan.

Cek maskapai mana saja yang kerap menawarkan diskon. Bila menggunakan Traveloka PayLater, kamu bisa lebih hemat bujet karena diskon yang diberikan sampai 50 persen.

  1. Kunjungi destinasi liburan yang berdekatan

Jakarta memiliki banyak destinasi liburan yang bisa dikunjungi, mulai dari museum, monumen, taman bermain, mal, hingga tempat bersejarah. Untuk itu, sebaiknya kamu menentukan terlebih dahulu lokasi apa saja yang ingin dikunjungi.

Contohnya, dalam satu hari, kamu bisa merencanakan pergi ke lokasi yang berdekatan, seperti Monas, Museum Nasional Indonesia, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral Jakarta, dan Taman Lapangan Banteng.

  1. Cari promo makan dan belanja

Liburan ke Jakarta tidak lengkap kalau belum mencicipi makanan khas, seperti kerak telor atau makanan yang viral, seperti sate taichan dan gultik Blok M.

Jakarta juga memiliki banyak pusat perbelanjaan menarik, seperti Senayan City, Grand Indonesia, Pondok Indah Mall, Plaza Indonesia, dan Kota Kasablanka.

Supaya tujuan liburan hemat kamu tetap bisa terlaksana dan berkesan, jangan lupa cari promo makanan dan belanja, ya.

  1. Dokumentasikan setiap momen di lokasi liburan

Momen liburan kurang lengkap tanpa mengabadikannya dalam foto-foto aesthetic. Temukan sudut-sudut aesthetic supaya foto kamu instagramable untuk dibagikan di media sosial. Cari juga referensi foto yang bisa kamu jadikan acuan ketika mengambil gambar.

  1. Berinteraksi dengan warga lokal

Salah satu hal yang jarang dilakukan oleh wisatawan adalah melakukan interaksi dengan warga lokal. Padahal, warga lokal dapat menjadi sumber informasi autentik. Sebab, mereka lebih tahu seluk beluk Jakarta dan biasanya lebih jujur dalam memberikan saran.

Kamu bisa menanyakan banyak hal yang cukup penting kepada warga lokal. Misalnya, bertanya soal harga angkutan umum dari satu destinasi wisata ke wisata lain. Selain itu, kamu juga bisa bertanya soal kuliner lokal yang murah, tetapi rasanya enak, serta hal lain yang tidak umum.

Tak hanya itu, momen berkesan terkadang malah bisa didapatkan dari hal-hal yang sederhana, seperti interaksi dengan warga lokal ini, lho. Sebab, setiap individu itu unik, antara satu dengan yang lain memiliki kekhasan dalam diri mereka.

Apabila sudah punya rencana untuk liburan ke Jakarta, sekarang waktu yang tepat untuk merencanakan liburan tanpa ragu di Jakarta. Atur dengan baik rencana dan anggaran yang kamu miliki agar tidak boncos.

Dengan mengikuti semua tip liburan tersebut, kamu bisa liburan hemat dan berkesan tanpa merasa khawatir. Jadi, jangan ditunda lagi. Buat rencana liburan kamu sekarang dan nikmati momen berharga di akhir tahun!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com