Advertorial

Eduwisata Toga di Kabupaten Tala Padukan Bidang Pendidikan, Teknologi, dan Pertanian

Kompas.com - 27/11/2023, 19:19 WIB

KOMPAS.com – Penjabat (Pj) Bupati Tanah Laut (Tala) Syamsir Rahman meresmikan kawasan Eduwisata Tanaman Obat dan Keluarga (Toga) yang terletak di Jalan Pendidikan, RT 3, Desa Tirta Jaya, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tala, Kalimantan Selatan, Kamis (23/11/2023).

Berdiri di atas lahan seluas dua hektare (ha), Eduwisata Toga mengusung konsep wisata yang menggabungkan sektor pendidikan, teknologi, dan pertanian.

Syamsir mengatakan, kehadiran Eduwisata Toga dapat menjadi alternatif dalam memberikan edukasi seputar pertanian untuk peserta didik.

“Tempat edukasi untuk memberi dan menerima pelajaran itu tidak hanya dalam suatu ruang tertutup, tetapi juga bisa di tempat seperti ini,” ujar Syamsir dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Senin (27/11/2023).

Syamsir berharap, Eduwisata Toga dapat menjadi salah satu upaya mengalihkan hal negatif soal obat-obatan terlarang, terlebih bagi anak-anak muda.

“Obat yang benar itu yang seperti ini. Bukan napza, narkoba, atau sejenisnya. Obatnya ada di sini,” katanya.

Adapun kawasan wisata itu hadir berkat program Matching Fund dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) yang ditindaklanjuti oleh Politeknik Negeri Tala (Politala).

Dalam pengelolaannya, Politala menggandeng Pemerintah Desa Tirta Jaya melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Bersama. Obyek wisata ini pun masih akan terus dikembangkan sesuai site plan.

“Tanpa bantuan swakelola dari desa, tentu tempat ini tidak bakal (hadir) sesuai rencana. Untuk itu, kami mengapresiasi peran pemerintah desa dan masyarakat yang mau bersama-sama mewujudkan program ini,” ucap Direktur Politala Dr Mufrida Zein.

Murfida berharap, kehadiran wisata baru yang berlokasi tidak terlalu jauh dengan pusat Kabupaten Tala itu dapat menambah daya tarik para wisatawan.

Untuk diketahui, kawasan Eduwisata Toga dilengkapi barcode yang dapat dipindai untuk mengetahui informasi seputar toga yang terdapat di sana.

Ke depan, fasilitas Eduwisata Toga akan terus dilengkapi dengan menghadirkan camping ground, area bermain anak, musala, serta penangkaran maggot, madu kelulut, dan kelinci. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com