Advertorial

Dukung Pengembangan Eduwisata Toga, Pemkab Tala akan Perbaiki Akses Menuju Lokasi

Kompas.com - 27/11/2023, 19:22 WIB

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut (Tala), Kalimantan Selatan, akan memperbaiki akses jalan menuju lokasi Eduwisata Tanaman Obat dan Keluarga (Toga) yang berada di Jalan Pendidikan RT 3, Desa Tirta Jaya, Kecamatan Bajuin.

Hal itu dilakukan sebagai upaya mendukung pengembangan obyek wisata baru di Kabupaten Tala tersebut.

Untuk itu, Penjabat (Pj) Bupati Tala Syamsir Rahman meminta Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Tala mengeluarkan anggaran khusus untuk perbaikan jalan menuju lokasi pada 2024.

“Akan tetapi, harus ada proposal dulu dari pemerintah desa,” ucapnya dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Senin (27/11/2023).

Syamsir mengatakan, akses jalan yang bagus menjadi patokan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke suatu destinasi wisata. Ia juga mengingatkan, jika kondisi jalan masih rusak, calon wisatawan bisa memilih untuk tidak jadi berkunjung.

“Sarana pertama adalah jalan. Karena akses menuju suatu tempat akan nyaman apabila jalannya juga nyaman. Dengan jalan yang nyaman, akses ekonomi bagi masyarakat sekitar menjadi terbuka. Itu kuncinya,” tegas Syamsir.

Syamsir melanjutkan, pihaknya juga membuka peluang agar pihak desa dapat terus melakukan pengembangan lain, seperti bantuan penambahan hortikultura serta hewan-hewan yang dapat menambah daya tarik destinasi wisata tersebut.

Kendati demikian, kata Syamsir, kesadaran itu harus dimulai dari masyarakat setempat, termasuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang menjadi pengelola Eduwisata Toga.

“Percantik lagi tempat ini. Floranya, bunganya, bisa tambahkan hewan, seperti kelinci. Gerakkan juga kelompok tani. Kita tidak boleh puas dengan apa yang ada. Kalau mau maju, desa ini juga harus berpikir sendiri bagaimana caranya,” katanya.

Untuk diketahui, Eduwisata Toga merupakan destinasi wisata seluas dua hektare yang menggabungkan sektor pendidikan, teknologi, dan pertanian.

Kawasan wisata itu hadir berkat program Matching Fund dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) yang ditindaklanjuti oleh Politeknik Negeri Tala (Politala).

Dalam pengelolaannya, Politala menggandeng Pemerintah Desa Tirta Jaya melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Bersama. Obyek wisata ini pun masih akan terus dikembangkan sesuai site plan.

Kawasan Eduwisata Toga sendiri dilengkapi barcode yang dapat dipindai untuk mengetahui informasi seputar toga yang terdapat di sana.

Ke depan, fasilitas Eduwisata Toga akan terus dilengkapi dengan menghadirkan camping ground, area bermain anak, musala, serta penangkaran maggot, madu kelulut, dan kelinci. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com