Advertorial

Deteksi Dini Kanker Serviks, DWP Kabupaten Klaten Gelar Pemeriksaan IVA dan Sadanis Gratis

Kompas.com - 28/11/2023, 14:19 WIB

KOMPAS.com – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Klaten mengadakan pemeriksaan Inspeksi Visual Asetat (IVA) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (Sadanis) gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bagas Waras Klaten, Jawa Tengah, Selasa (28/11/2023).

Pemeriksaan deteksi dini kanker serviks itu digelar sebagai bagian dari peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59, Hari Ibu, dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 DWP.

Ketua DWP Kabupaten Klaten Efi Jajang Prihono menyampaikan, pemeriksaan IVA dan Sadanis merupakan buah kerja sama DWP Klaten dengan Dinas Kesehatan Klaten serta RSUD Bagas Waras Klaten.

Adapun peserta pemeriksaan tersebut terdiri dari aparatur sipil negara (ASN) perempuan, serta anggota DWP dari badan, dinas, dan instansi vertikal.

“Sementara, anggota DWP dari 26 kecamatan bakal melakukan pemeriksaan mulai Selasa (28/11/2023) hingga Minggu (10/12/2023) di pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di wilayah masing-masing,” kata Efi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa.

Efi menyampaikan, pemeriksaan tersebut bertujuan untuk mendeteksi dini penyakit kanker leher rahim, khususnya bagi perempuan di wilayah Kabupaten Klaten.

“Harapannya, dengan diadakan kegiatan ini, anggota ataupun pengurus DWP semuanya terbebas dari penyakit kanker leher rahim,” jelas Efi.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Bupati Klaten Sri Mulyani yang secara langsung meninjau pemeriksaan IVA dan Sadanis.

“Semoga dari hasil pemeriksaan ini, semuanya sehat dan bisa mendampingi para suaminya menjabat di Kabupaten Klaten agar semakin semangat. Ini deteksi yang sangat bagus dilakukan untuk kaum perempuan,” tutur Sri Mulyani.

Ia pun mengapresiasi DWP Klaten dan RSUD Bagas Waras Klaten yang telah menyelenggarakan pemeriksaan gratis tersebut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com