Advertorial

3 Rekomendasi Prosesor Gaming Terbaik untuk PC, Apa Saja?

Kompas.com - 28/11/2023, 15:26 WIB

KOMPAS.com – Setiap gamer menginginkan personal computer (PC) yang digunakan mampu memberikan performa terbaik sehingga game dapat dimainkan dengan lancar.

Performa PC, salah satunya, dipengaruhi oleh kemampuan prosesor. Oleh karena itu, pemilihan prosesor tidak boleh dilakukan secara asal-asalan saat membangun PC gaming. Terlebih, banyak jenis prosesor beredar di pasaran.

Bila sedang membangun PC gaming, kamu bisa mempertimbangkan tiga prosesor berikut.

  1. AMD Ryzen 5

Salah satu prosesor gaming terbaik yang bisa dipilih adalah AMD Ryzen 5. Prosesor ini merupakan seri terbaru dari lini Ryzen yang menawarkan performa tinggi dengan harga terjangkau.

AMD Ryzen 5 memiliki beberapa varian, seperti Ryzen 5 3600, Ryzen 5 3600X, Ryzen 5 5600X, dan Ryzen 5 5600G. Lini ini juga unggul dari segi core dan thread sehingga dapat menjalankan game-game berat dengan lancar.

Selain itu, AMD Ryzen 5 juga memiliki clock speed tinggi, terutama untuk varian X yang mendukung fitur Precision Boost Overdrive. Fitur ini memungkinkan prosesor untuk meningkatkan clock speed secara otomatis sesuai dengan kebutuhan.

AMD Ryzen 5 juga sudah terintegrasi dengan kartu grafis Radeon Vega yang cukup mumpuni untuk game-game ringan. Jika menginginkan performa grafis yang lebih baik, kamu tinggal menambahkan kartu grafis eksternal yang sesuai dengan bujet.

Prosesor gaming itu pun sudah mendukung teknologi AMD SenseMI yang dapat mengoptimalkan daya dan pendinginan perangkat.

  1. Intel Core i3

Jika anggaran yang dimiliki terbatas, Intel Core i3 bisa jadi pertimbangan. Prosesor ini merupakan salah satu seri terendah dari lini Intel Core. Meski begitu, performa yang diberikan cukup baik sehingga bisa menjalankan game-game ringan hingga menengah.

Selain itu, Intel Core i3 juga memiliki keunggulan dalam hal clock speed, terutama untuk varian F yang mendukung fitur Turbo Boost. Fitur ini memungkinkan prosesor untuk meningkatkan clock speed secara otomatis sesuai dengan kebutuhan.

Prosesor tersebut juga mampu menjalankan game-game ringan tanpa kartu grafis eksternal karena sudah terintegrasi dengan grafis Intel UHD.

Tak berhenti sampai di situ, Intel Core i3 juga mendukung teknologi Intel Optane yang dapat meningkatkan kecepatan akses data dari hard disk atau SSD. Teknologi ini berguna untuk mempercepat loading game dan aplikasi.

Dengan thermal design power (TDP) sekitar 65 watt, prosesor tersebut mampu melakukan penghematan daya. 

Sebagai informasi, Intel Core i3 memiliki beberapa varian, seperti i3-10100, i3-10100F, i3-10300, dan i3-10320.

  1. Intel Core i9-10900K

Jika kamu adalah seorang gamer yang tidak bisa berkompromi dengan performa PC, pilihlah prosesor Intel Core i9-10900K. Prosesor ini merupakan salah satu seri tertinggi dari lini Intel Core yang menawarkan performa luar biasa untuk berbagai game dan aplikasi berat.

Salah satu keunggulan Intel Core i9-10900K terletak dalam jumlah core dan thread, yaitu 10 core dan 20 thread. Hal ini membuat prosesor tersebut mampu menjalankan game berat dengan sangat lancar, bahkan dengan resolusi 4K dan setting grafis maksimal.

Clock speed Intel Core i9-10900K terbilang tinggi, yaitu hingga 5,3 GHz dengan fitur Thermal Velocity Boost. Fitur ini memungkinkan prosesor untuk meningkatkan clock speed secara otomatis sesuai dengan suhu dan daya.

Intel Core i9-10900K juga mendukung teknologi Intel Hyper-Threading yang dapat meningkatkan kinerja multitasking dan multithreading. Teknologi ini berguna untuk menjalankan berbagai game yang membutuhkan banyak proses sekaligus, seperti online game atau simulation game.

Selain itu, prosesor tersebut sudah didukung teknologi Intel Turbo Boost Max 3.0. Teknologi ini berguna untuk meningkatkan kinerja single-core untuk game yang lebih bergantung pada clock speed daripada jumlah core.

Itulah tiga rekomendasi prosesor gaming yang bisa kamu pilih untuk menunjang performa PC. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di Tokopedia.

Platform e-commerce itu tidak hanya menyediakan berbagai merek prosesor gaming, tapi juga penawaran menarik, seperti diskon dan gratis ongkos kirim.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com