Advertorial

Lapar Saat Sibuk? Ini 5 Ide Camilan yang Sehat, Praktis, dan Enak

Kompas.com - 28/11/2023, 19:50 WIB

KOMPAS.com - Aktivitas yang padat kerap membuat seseorang tak punya waktu untuk mengisi perut. Dibandingkan harus menyiapkan atau membeli makanan, banyak orang yang memilih untuk menahan lapar saat sedang sibuk.

Meski terlihat sepele, kebiasaan buruk tersebut sebaiknya dihindari. Sesibuk apa pun, tubuh memerlukan asupan agar tetap berenergi.

Sebagai solusi, banyak orang memilih mengonsumsi camilan untuk mengeyangkan perut di tengah kesibukan.

Meski demikian, tidak semua camilan sehat untuk tubuh. Camilan yang mengandung kalori, lemak, gula, serta garam yang tinggi dapat berdampak buruk bagi kesehatan. 

Untuk itu, meski sibuk, Anda harus pandai memilih camilan yang sehat. Selain nikmat dan mengenyangkan, camilan sehat juga dapat memberikan nutrisi untuk tubuh. Saat ini, tak sulit mencari camilan sehat. Berikut referensinya.

  1. Camilan multigrain

Camilan multigrain merupakan makanan kecil yang terbuat dari berbagai jenis biji-bijian, seperti oat, beras, dan gandum. Hal ini membuat camilan multigrain kaya serat. Karena kaya serat, camilan ini dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Anda bisa mendapatkan segala kebaikan dan kenikmatan multigrain dengan mudah, yakni dari camilan Fitbar. Fitbar sendiri memiliki tiga varian rasa, yakni Fitbar Fruit Delight, Fitbar Chocolate, dan Fitbar Cheese Delight. 

Fitbar Fruits Delight terbuat dari multigrain yang kaya akan serat dan mengandung Australian oat, rice crispy, dan kismis California dalam tiap kemasannya. Camilan ini dapat membantu menurunkan kolesterol, menstabilkan gula darah, serta bebas lemak trans.

Camilan lezat tersebut mengandung berbagai nutrisi, seperti Vitamin A, B12, C, serta kalsium. Kandungan ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta kesehatan tulang dan gigi.

Ketimbang camilan multigrain lainnya, Fitbar memiliki kandungan kalori yang jauh lebih rendah. Kandungan kalori Fitbar hanya 90 kilo kalori (kkal) per saji. 

  1. Smoothie

Smoothie adalah minuman yang terbuat dari buah-buahan, sayuran, dan susu atau yogurt yang diblender hingga halus. Sebagai camilan sehat nan praktis, smoothie dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk tubuh.

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi, smoothie juga dapat membantu menjaga kelembaban kulit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menurunkan berat badan.

Anda dapat membuat smoothie sendiri di rumah dengan buah dan sayuran favorit. Jika tidak punya waktu untuk membuat smoothie, Anda bisa membelinya di toko atau kafe.

  1. Yoghurt

Yoghurt yang terbuat dari fermentasi susu mengandung protein, kalsium, vitamin D, vitamin B, asam laktat, serta bakteri baik atau probiotik. Dengan kandungan ini, yoghurt dapat membantu Anda menjaga kesehatan tulang serta serta membantu menjaga kesehatan tulang, gigi, otot, dan kulit.

Selain itu, Yoghurt juga dapat membantu menjaga keseimbangan mikroflora usus, meningkatkan sistem imun, dan mencegah infeksi.

Anda dapat mengonsumsi yoghurt dengan buah-buahan, granola, atau kacang-kacangan untuk menambah nutrisi dan rasa. Supaya tahan lama, Anda bisa menyimpan yoghurt dalam kulkas supaya dapat dikonsumsi saat Anda merasa lapar.

  1. Telur rebus

Camilan sehat selanjutnya adalah telur rebus. Camilan tinggi protein ini dapat menjadi pilihan praktis untuk mengatasi lapar.

Selain protein, telur rebus mengandung lemak sehat, kolin, vitamin B, dan zat besi. Berbagai kandungan ini dapat membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, meningkatkan fungsi otak, dan mencegah anemia. Telur rebus juga dapat membantu menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan risiko penyakit jantung.

Cara membuatnya juga praktis, Anda dapat merebusnya dengan air mendidih selama 10-15 menit tergantung tingkat kematangan yang diinginkan.

Anda bisa mengonsumsi telur rebus langsung atau menambahkan garam, merica, saus, atau bumbu lainnya. Anda juga bisa membuat salad telur dengan mencampur telur rebus, mayones, mustard, bawang, dan seledri.

  1. Salad

Terakhir, Anda bisa membuat salad sebagai camilan yang sehat dan menyegarkan. Salad merupakan camilan sehat yang terbuat dari sayur-sayuran, seperti selada, tomat, wortel, serta mentimun. Untuk menambah rasa, Anda bisa menambahkan dressing, seperti yoghurt, mayones, dan perasan lemon. 

Selain itu, Anda juga bisa membuat salad dari campuran buah-buahan, seperti apel, anggur, nanas, dan dressing madu.

Anda dapat membuat salad sendiri saat pagi hari dengan menggunakan sayuran dan buah favorit. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan buah-buahan, kacang-kacangan, atau keju untuk menambah nutrisi dan rasa.

Selain sehat, salad juga dapat membantu menurunkan berat badan, membuat Anda merasa kenyang lebih lama, dan mengurangi asupan kalori. Salad juga dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kecantikan, karena dapat memberikan nutrisi dan hidrasi untuk tubuh.

Itulah 5 ide camilan yang sehat, praktis, dan enak yang bisa jadi asupan saat Anda sibuk. Pilihlah sesuai dengan waktu yang Anda miliki. Jika sata pagi ada waktu luang untuk membuat camilan, Anda bisa mempersiapkan untuk membuat telur rebus, smoothie, salad, ataupun sajian buah dengan tambahan yoghurt. 

Namun, jika Anda tidak memiliki banyak waktu, Fitbar Fruits Delight dapat dijadikan camilan andalan. Sebab, camilan ini bisa Anda stok dan bawa ke mana pun. Selain menyehatkan, Fitbar Fruits Delight juga dapat menjadi teman ngemil yang nikmat.

Fitbar Fruits Delight cocok dikonsumsi di sela-sela aktivitas, seperti setelah dan sebelum berolahraga, saat bekerja, atau ketika berkendara. Camilan ini praktis dan higienis untuk dikonsumsi.

Anda bisa mendapatkan Fitbar dengan mudah di mini market atau ecommerce disekitar anda. Untuk mendapatkan Fitbar Fruits Delight, Anda bisa klik tautan berikut.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com