Advertorial

Unpar Bandung Buka Pendaftaran Program Profesi Insinyur, Catat Syaratnya

Kompas.com - 29/11/2023, 12:07 WIB

KOMPAS.com – Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung membuka pendaftaran Program Profesi Insinyur (PPI) hingga Kamis (4/1/2024).

Sebagai informasi, lulusan PPI Unpar bakal mendapatkan Sertifikat Profesi Insinyur dan berhak menggunakan gelar profesi keinsinyuran (Ir).

Jenis jalur penerimaan PPI Unpar adalah Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Melalui jalur ini, calon peserta program dapat menyertakan pengakuan capaian pembelajaran atas kualifikasi akademik dan pengalaman praktik keinsinyuran yang diperoleh dari RPL dengan melampirkan portofolio capaian atau pengalaman praktik keinsinyuran.

Ada dua biaya studi yang perlu disiapkan calon mahasiswa PPI Unpar. Pertama, biaya pendaftaran sebesar Rp 1 juta. Kedua, biaya pendidikan sebesar Rp 10 juta untuk calon peserta umum dan Rp 8 juta untuk mitra kerja sama Unpar.

Berikut adalah persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa PPI Unpar.

  1. Telah menempuh pendidikan tinggi program sarjana bidang teknik atau sarjana terapan bidang teknik dengan pengalaman kerja dalam praktik keinsinyuran paling sedikit 4 (empat) tahun
  2. Sehat jasmani yang dinyatakan dengan surat keterangan sehat dari dokter
  3. Bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya, yang dinyatakan secara tertulis oleh dokter pemerintah yang berwenang.

Kemudian, berikut adalah daftar berkas yang harus dipersiapkan calon mahasiswa PPI Unpar.

  1. Fotokopi ijazah S1 yang telah dilegalisasi
  2. Fotokopi transkrip akademik S1 yang telah dilegalisasi
  3. Fotokopi Akta Kelahiran
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  5. Curriculum vitae
  6. Surat Keterangan Bebas Narkoba
  7. Surat Keterangan Sehat

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (29/11/2023), sejak berdiri pada September 2020, PPI Unpar telah meluluskan 448 insinyur.

Unpar merupakan salah satu universitas yang mendapatkan mandat untuk menyelenggarakan PPI di Indonesia.

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai PPI Unpar, kunjungi laman pmbpasca.unpar.ac.id atau menghubungi layanan Informasi PMB Unpar dengan mengirimkan pesan pada email admisi@unpar.ac.id dan telepon (022) 2032655.

Anda juga bisa mengunjungi akun Instagram @unparofficial atau menghubungi Hotline PMB Unpar 0815-7010-000 (chat only).

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com