Advertorial

Kota Cilegon Terima Penghargaan Swasti Saba Padapa 2023

Kompas.com - 29/11/2023, 16:35 WIB

KOMPAS.com - Kota Cilegon mendapatkan penghargaan Swasti Saba Padapa 2023 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh dari Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin kepada Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dalam acara peringatan Hari Kesehatan Nasional di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (28/11/2023).

Penghargaan Swasti Saba Padapa 2023 diberikan atas keberhasilan Cilegon dalam menyelenggarakan program Kota Sehat 2023.

Pada sambutannya, Wali Kota Cilegon menyampaikan rasa syukur, kebanggaan, dan terima kasih kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon, khususnya Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilegon.

Pasalnya, Dinkes Cilegon telah berhasil menciptakan dan mempertahankan kesehatan masyarakat sehingga Kota Cilegon mendapatkan penghargaan Swasti Saba Padapa sebagai Kota Sehat 2023.

“Penghargaan tersebut menjadi pengakuan pemerintah pusat atas jerih payah Pemkot Cilegon yang telah memberikan kinerja terbaik untuk masyarakat Cilegon. Mendapatkan pengakuan ini bukan hal yang mudah," ujar Helldy dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (29/11/2023).

Helldy juga mempersembahkan penghargaan tersebut untuk masyarakat Cilegon. Pasalnya, masyarakat turut berkontribusi dalam menciptakan lingkungan sehat, terutama untuk tidak lagi buang air besar (BAB) sembarangan.

Helldy berharap, prestasi tersebut dapat menjadi motivasi dan semangat baru bagi Cilegon untuk terus meningkatkan kualitas layanan kesehatan demi kesejahteraan warga.

Sementara itu, Kepala Dinkes Cilegon Ratih Purnamasari menyampaikan bahwa syarat untuk meraih Swasti Saba Padapa adalah mencapai Open Defecation Free (ODF). Syarat ini mengharuskan daerah yang menerima penghargaan bebas BAB sembarangan.

“Kami bersyukur, Cilegon kembali meraih penghargaan Swasti Saba dari Kemenkes. Kami akan terus berjuang untuk meraih prestasi lain," kata Ratih.

Sebagai informasi, Malam Penganugerahan Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (Swasti Saba) dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award 2023 memiliki tiga tingkatan, yakni Saba Padapa (Pemantapan), Swasti Saba Wiwerda (Pembinaan), serta Swasti Saba Wistara (Pengembangan).

Prestasi tersebut menegaskan komitmen Pemkot Cilegon dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakatnya melalui upaya kesehatan yang optimal.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com