Advertorial

Kabupaten Klaten Raih Penghargaan Swasti Saba Kategori Padapa

Kompas.com - 29/11/2023, 16:40 WIB

KOMPAS.com – Kabupaten Klaten meraih penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2023 kategori Padapa, Selasa (28/11/2023).

Penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) itu diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin kepada Bupati Klaten Sri Mulyani di Jakarta.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu menyampaikan, pemberian penghargaan Kabupaten/Kota Sehat, Swasti Saba, dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) menjadi agenda rutin yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali oleh Kemenkes.

“Pemberian penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi yang bertujuan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih aman, nyaman, dan sehat secara holistik dan berkelanjutan,” tutur Maxi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (29/11/2023).

Sebelumnya, lanjut Maxi, pemerintah di berbagai tingkatan, baik provinsi, kabupaten, maupun kota, melalui sejumlah tahapan sebelum menerima penghargaan tersebut.

Sebagai informasi, penghargaan Kabupaten/Kota Sehat Swasti Saba dan STMB terdiri dari sejumlah kategori.

Penghargaan tersebut diberikan kepada enam provinsi pembina terbaik dalam memfasilitasi keberhasilan kabupaten/kota sehat dan satu provinsi yang berhasil 100 persen menyetop buang air besar sembarangan di seluruh wilayah kabupaten/kota.

Adapun penghargaan Kabupaten/Kota Sehat melibatkan 136 kabupaten/kota, Swasti Saba Wistara 27 kabupaten/kota, Swasti Saba Wiwerda 34 kabupaten/kota, Swasti Saba Padapa 75 kabupaten/kota, serta STBM 33 kabupaten/kota.

Sri Mulyani pun mengucapkan terima kasih kepada Kemenkes atas penghargaan yang diberikan.

Ia mengatakan bahwa penghargaan Swasti Saba diperoleh berkat kerja keras pemerintah, tenaga kesehatan, masyarakat, dan pihak terkait lain dalam mewujudkan Kabupaten Klaten yang sehat.

“Alhamdulillah, Kabupaten Klaten menerima penghargaan di pengujung 2023 dari Kemenkes. Semoga, seluruh masyarakat Kabupaten Klaten selalu sehat, pemerintah daerah juga selalu sehat dan seluruhnya sehat. Tak lupa, terima kasih juga saya sampaikan pada seluruh jajaran Dinas Kesehatan dan seluruh tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Klaten,” tutur Sri.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com