Advertorial

Lewat Festival Olahraga Kreasi/Rekreasi Masyarakat, Wali Kota Helldy Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya Lokal

Kompas.com - 30/11/2023, 18:01 WIB

KOMPAS.com – Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon menggelar Lomba Festival Olahraga Kreasi/Rekreasi Masyarakat di halaman Kantor Wali Kota Cilegon, Jalan Jenderal Sudirman, Cilegon, Banten, pada Kamis (30/11/2023).

Sejumlah kegiatan dan perlombaan digelar dalam festival tersebut. Beberapa di antaranya adalah senam aerobik, sepak bola berjalan, katapel, lari balok, terompah panjang, langkah dansa, dan egrang.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan bahwa olahraga kreasi serta rekreasi pada kegiatan tersebut bersumber dari seni dan budaya lokal Kota Cilegon. Melalui penyelenggaraan festival itu, ia pun mengajak masyarakat Cilegon melestarikannya.

Dengan demikian, arus modernisasi yang berkembang cepat tidak menggerus olahraga dan permainan lokal.

“Kami berharap, olahraga seperti ini dapat terus dilestarikan, apalagi olahraga yang dikolaborasikan dengan budaya asli Cilegon. Misalnya saja, tadi kami senam dengan lagu Bendrong Lesung. Itu harus terus dilestarikan,” kata Helldy dalam siaran pers yang siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis.

Gelaran tersebut juga membuat Helldy mengenang masa kecilnya. Ia pun mengapresiasi para peserta lomba yang tetap antusias dan kompak mengikuti perlombaan, walau sempat diguyur gerimis.

“Antusias Bapak dan Ibu luar biasa. Saya sampaikan apresiasi yang tinggi, (Bapak dan Ibu) masih berkumpul meski gerimis. Saya senang melihat semangat Bapak dan Ibu,” ucap Helldy.

Pada kesempatan itu, Helldy juga mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan karena sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Cilegon, sudah memasuki musim hujan.

“Lebih baik menjaga kesehatan ketimbang mengobatinya karena mengobati itu mahal (harganya),” pesan Helldy.

Sementara, Kepala Disporapar Kota Cilegon Sakri Jasiman menguraikan, terdapat enak cabang olahraga kreasi dan rekreasi yang dilombakan pada festival tersebut.

"Saya berharap, kegiatan ini semakin menambah kecintaan kita terhadap olahraga masyarakat dan sekaligus memasyarakatkan olahraga. Dengan begitu, kita bisa bersenang-senang dan mendapatkan kesehatan," ucap Sakri.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com