Advertorial

Rayakan Hari Anak Universal, Pemkab Klaten Luncurkan 44 Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak

Kompas.com - 30/11/2023, 18:13 WIB

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten meluncurkan 44 Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) di Pendopo Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Kamis (30/10/2023). Peluncuran ini dilaksanakan pada puncak peringatan Hari Anak Universal (HAU).

Peluncuran tersebut diresmikan dengan penandatanganan komitmen oleh 44 kepala desa di Kabupaten Klaten, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3APPKB) Muh Nasir, dan Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Klaten Muh Himawan Purnomo yang mewakili Bupati Klaten.

Pada sambutannya, Muh Himawan Purnomo menyampaikan, peringatan HAU dilaksanakan sebagai pengingat bahwa anak merupakan bagian dari lingkungan sosial.

Oleh karena itu, anak harus diperlakukan baik tanpa membedakan suku ras, agama, bangsa, serta tempat tinggal atau negara.

Menurutnya, peringatan HAU menjadi evaluasi atas kepedulian pemerintah terhadap perlindungan dan pemenuhan hak anak.

“Semoga HAU dapat menjadi momentum untuk mewujudkan hak-hak anak dan membawa mereka menuju masa depan yang lebih baik. Mari kita tingkatkan kepedulian dengan memastikan anak-anak di dunia tetap tangguh menghadapi tantangan masa depan,” jelas Himawan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (30/11/2023).

Muh Nasir menyampaikan bahwa tujuan peringatan HAU adalah memajukan dan mendorong kesadaran masyarakat terhadap pemenuhan hak anak.

Pada kesempatan itu, ia turut memaparkan rangkaian Hari Anak Universal (HAU) di Kabupaten Klaten.

Rangkaian acara tersebut terdiri dari Lomba Film Pendek bertema “Stop Bullying” pada 9-27 November 2023, Kampanye Anti-kekerasan di Pasar Gedhe Klaten pada Kamis (23/11/2023), Sosialisasi Peran Anak sebagai Pelapor dan Pelopor di Kantor Desa Tegalyoso pada Jumat (24/11/2023), serta Rakor Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) pada Selasa (28/11/2023).

Adapun puncak HAU dimeriahkan dengan unjuk bakat siswa-siswi pelajar di Kabupaten Klaten, seperti menyanyi, menari, serta permainan biola.

Selain itu, acara tersebut juga menghadirkan pemberian piala dan piagam lomba Film Lomba Pendek bertema “Stop Bullying”.

Lomba tingkat SMP/MTS itu dimenangkan oleh SMPN 1 Pedan, disusul SMPN 6 Klaten sebagai juara kedua, dan SMPN 1 Pangudi Luhur juara ketiga.

Sementara itu, pemenang tingkat SMA adalah SMAN 2 Klaten, disusul MA Al Muttaqin di posisi kedua, dan SMAN 1 Polanharjo di posisi ketiga.

Selanjutnya, Tingkat SMK dimenangkan oleh SMK Rota Bayat, juara kedua SMKN 1 Jogonalan, dan juara ketiga diraih SMKN 2 Klaten. Adapun Juara Favorit diraih SMPN 3 Bayat.

Sebagai informasi, acara tersebut dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Klaten, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Klaten, Ketua Gatriwara, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta camat, kepala desa, guru, dan perwakilan pelajar di Kabupaten Klaten.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com