Advertorial

Komitmen Atasi Emisi Karbon, Toyota Terapkan Konsep Multi-Pathway dan Hadirkan Kampanye It’s Time For Everyone

Kompas.com - 01/12/2023, 09:26 WIB

KOMPAS.com - PT Toyota-Astra Motor (TAM) berkomitmen untuk menekan emisi karbon yang menjadi salah satu penyebab pemanasan global. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan di Tanah Air.

Adapun Toyota mewujudkannya dengan menerapkan konsep Multi-Pathway sebagai bagian dari visi perusahaan.

Lewat konsep itu, Toyota berusaha untuk menyediakan berbagai pilihan teknologi ramah lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat Indonesia.

Teknologi tersebut meliputi hybrid electric vehicle (HEV), plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), battery electric vehicle (BEV), dan fuel cell electric vehicle (FCEV).

Vice President Director TAM Henry Tanoto mengatakan, lewat konsep Multi-Pathway yang dihadirkan oleh Toyota diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk turut serta dalam mencapai netralitas karbon sekaligus membantu mencapai target Net Zero Emission (NZE) 2060 yang telah dicanangkan pemerintah.

"Sejak 2009, TAM telah menjadi pionir dalam menghadirkan kendaraan elektrifikasi untuk mewujudkan mobilitas ramah lingkungan. Melalui strategi Multi-Pathway, TAM menyediakan pilihan lengkap teknologi elektrifikasi bagi masyarakat," ujar Henry seperti diberitakan Kompas.com, Jumat (13/12/2022).

Henry menambahkan, saat ini, TAM memiliki belasan line-up kendaraan listrik yang telah memberikan kontribusi nyata dalam menurunkan emisi karbon.

Dengan menyajikan ragam pilihan produk ramah lingkungan, TAM ingin memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memilih jenis kendaraan yang paling cocok dengan kebutuhan dan daya beli mereka.

Selain itu, TAM juga berupaya untuk membuat produk-produk mesin konvensionalnya semakin ramah lingkungan.

“Untuk mencapai target netralitas karbon, diversifikasi teknologi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan daya beli konsumen sangat diperlukan. Melalui pilihan produk yang disediakan, konsumen diharapkan bisa menyesuaikan jenis kendaraan ramah lingkungan sesuai preferensi. Tak hanya produk elektrifikasi, model mesin konvensional dari kami juga berorientasi ramah lingkungan,” jelas Henry.

Hadirkan kampanye It’s Time For Everyone

Selain menerapkan konsep Multi-Pathway, TAM juga berusaha untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menanggulangi pemanasan global dan perubahan iklim melalui berbagai cara.

Salah satu cara Toyota dalam mengajak masyarakat di Tanah Air untuk ikut berkontribusi aktif dalam upaya netralitas karbon adalah meluncurkan kampanye “It’s Time for Everyone”.

Lewat kampanye tersebut, TAM ingin masyarakat ikut mendukung program netralitas karbon sebagai upaya mencegah peningkatan risiko pemanasan global (global warming) dan perubahan iklim (climate change).

Salah satu kendaraan listrik Toyota yang ada di Indonesia, All New Kijang Innova Zenix Hybrid EV.Dok. Kompas.com/Stanley Ravel Salah satu kendaraan listrik Toyota yang ada di Indonesia, All New Kijang Innova Zenix Hybrid EV.

Henry Tanoto menjelaskan bahwa kampanye It’s Time for Everyone hadir untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam mencapai target NZE 2060.

“Melalui gerakan ‘It’s Time For Everyone’, Toyota menyediakan akses bagi masyarakat untuk ikut berkontribusi dan bersama-sama mengurangi emisi karbon demi masa depan yang lebih hijau,” ujar Henry dilansir dari laman id.itstimeforeveryonemovement.co.id, Jumat (2/12/2022).

Dalam kampanye tersebut, tambah Henry, Toyota tak hanya berusaha menghadirkan kendaraan ramah lingkungan untuk bisa menekan emisi karbon yang menjadi sumber pemanasan global, tetapi juga melakukan berbagai langkah lain.

Salah satunya, melakukan aksi pengurangan emisi karbon dan melakukan carbon offset dalam berbagai bentuk inisiatif sejak beberapa tahun terakhir.

Toyota juga telah berkolaborasi dengan perusahaan rintisan (startup) Rekosistem, untuk pengadaan stasiun sampah atau waste station di berbagai tempat di Indonesia. upaya ini telah dilakukan TAM sejak Desember 2022.

Selain semua upaya tersebut, Toyota juga gencar memperkenalkan keterampilan eco safety driving lewat training of trainers untuk menciptakan lebih dari 85 eco safety driving trainer. Toyota juga mengupayakan perbaikan ekosistem pantai lewat penanaman lebih dari 5.000 pohon mangrove pada 2023.

“Ke depan, Toyota akan terus melanjutkan inisiatif dan komitmen netralitas karbon lewat kampanye It’s Time for Everyone agar semakin banyak masyarakat yang sadar dan terlibat dalam mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan,” jelas Henry.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com