Advertorial

Minim Jalan Pertanian, Pemkab Klaten dan TNI Selenggarakan Program KBMKB di Desa Ngrundul

Kompas.com - 01/12/2023, 12:42 WIB

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyelenggarakan program Karya Bhakti Mandiri Klaten Bersinar (KBMKB) XXI Tahun Anggaran 2023 di Desa Ngrundul, Kecamatan Kebonarum.

KBMKB sendiri merupakan program lokal daerah terpadu antara TNI dan Pemkab Klaten yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah. Program ini memiliki sasaran pokok, yakni peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, KBMKB tidak hanya melibatkan Pemkab Klaten dan TNI, tetapi juga jajaran Kepolisian Republik Indonesia (Polri), forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), dan masyarakat setempat. Sinergisitas seluruh instrumen tersebut menjadi perwujudan persatuan dan kesatuan dalam membangun negeri.

Adapun upacara pembukaan KBMKB XXI dilakukan di Lapangan Birin, Kamis (30/11/2023). Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0723 Klaten Bambang Setyo Triwibowo menjadi inspektur upacara pada kegiatan tersebut.

Perwira Pelaksana Budiyono melaporkan bahwa Desa Ngrundul dipilih sebagai lokasi KBMKB XXI 2023 karena jalan pertanian di desa tersebut terbatas. Akibatnya, akses pertanian dan perekonomian terhambat.

Program tersebut, lanjutnya, memiliki sasaran pokok, yakni betonisasi jalan dengan panjang 580 m, tebal 12 cm, dan lebar 4 m. Talut sepanjang 26 m, lebar 30 cm, dan tinggi 50 cm juga dibangun.

Kemudian, sasaran nonfisik program KBMKB XXI di Desa Ngrundul adalah penyuluhan wawasan kebangsaan, berita hoax, serta kesehatan.

Program KBMKB dilaksanakan mulai tanggal Kamis (30/11/2023) hingga Rabu (27/12/2023) oleh anggota TNI sebanyak 30 orang, teknisi 4 orang, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) 2 orang, aparat desa 4 orang, dan masyarakat 40 orang. Total tenaga harian sebanyak 80 orang.

Pada kesempatan itu, Dandim 0723 Klaten berharap, kegiatan KBMKB dapat menyejahterakan masyarakat dapat meningkat, serta soliditas dan sinergisitas antara jajaran forkopimda, TNI, Polri, pemda, dan masyarakat dapat terjalin semakin erat.

“Mari kita beri dukungan demi kelancaran pelaksanaan kegiatan serta kesediaan untuk bergotong-royong. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (1/12/2023).

Bupati Klaten Sri Mulyani yang juga hadir dalam upacara pembukaan meminta masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan kegiatan KBMKB XXI Desa Ngrundul di Kecamatan Kebonarum. Ia juga berpesan kepada masyarakat untuk bersinergi dengan TNI guna membangun desa.

“Saya pesan kepada masyarakat, ayo bersama-sama sukseskan kegiatan KBMKB Desa Ngrundul. Jaga sinergisitas dan kemanunggalan dengan TNI karena dengan ini kita bisa membangun desa-desa di Kabupaten Klaten,” ujarnya.

Sebagai informasi, upacara pembukaan KBMKB XXI Desa Ngrundul turut dihadiri perwakilan Forkopimda Kabupaten Klaten, jajaran Pemkab Klaten, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kebonarum, Pemerintah Desa Ngrundul, kepala desa se-Kecamatan Kebonarum, dan tamu undangan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com