Advertorial

Pamerkan Produk Penerjemah Berbasis AI, iFLYTEK Raih Penghargaan Inovasi Terbaik pada Ajang AES Indonesia 2023

Kompas.com - 01/12/2023, 17:34 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) asal China, iFLYTEK, mendapatkan Penghargaan Paling Inovatif pada ajang “Indonesia Household Appliances and Consumer Electronics Expo" atau Appliance & Electronics Show (AES) Indonesia 2023.

Penghargaan didapat berkat produk inovatif yang dipamerkan iFLYTEK pada ajang yang diselenggarakan di Jakarta International Convention and Exhibition Center, Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (23/11/2023) hingga Sabtu (25/11/2023), tersebut.

Adapun dua produk iFLYTEK yang mencuri perhatian pada AES 2023 adalah iFLYTEK Smart Translator dan iFLYTEK Dictionary Pen. Berbekal teknologi AI, iFLYTEK Smart Translator mampu menerjemahkan 60 bahasa secara online yang mencakup di 200 negara. 

iFLYTEK mendapatkan Penghargaan Paling Inovatif. DOK. iFLYTEK iFLYTEK mendapatkan Penghargaan Paling Inovatif.

Perangkat tersebut dapat digunakan untuk menerjemahkan percakapan secara langsung dengan akurat. Bahkan, pengucapan kalimat hasil terjemahannya sangat jelas dan mudah dipahami.

iFLYTEK Smart Translator juga dibekali fitur Camera Translation yang dapat menerjemahkan 50 bahasa. Pengguna cukup memotret tulisan yang ingin diterjemahkan. Kemudian iFLYTEK Smart Translator akan menerjemahkannya secara akurat.

Berbekal produk itu, pengguna pun dapat memahami perbedaan bahasa dan belajar bahasa asing dengan aman dan praktis.

Kemudian, iFLYTEK Dictionary Pen. Perangkat ini tak kalah canggih dengan iFLYTEK Smart Translation. Dirancang menyerupai pena, alat ini dapat menerjemahkan kata melalui operasi pemindaian dengan cepat dan mudah.

Pengguna cukup memindai kalimat di buku yang diterjemahkan. Setelah itu, layar perangkat akan menampilkan kalimat hasil pindaian dan terjemahannya. Perangkat juga dapat mengucapkan kalimat hasil pindaian dan terjemahannya dalam sekali sentuh di layar menu.

Pada versi terbaru, peranti lunak kedua perangkat tersebut sudah pula dibekali kemampuan penerjemahan ke bahasa Indonesia. Hal ini juga menandai iFLYTEK merambah ke pasar Indonesia.

Generasi muda di Indonesia yang berminat belajar bahasa asing dapat menggunakan alat tersebut sebagai asisten untuk belajar bahasa baru.

Siap garap pasar Indonesia

Saat berbicara pada talk show bertajuk "Invest in Indonesia High-end Summit", Kepala Bisnis iFLYTEK Indonesia Frankie menjelaskan bahwa pihaknya tertarik untuk merambah pasar Indonesia lantaran produk domestik bruto (PDB) Indonesia mampu tumbuh stabil.

Kepala Bisnis iFLYTEK Indonesia Frankie saat menjadi pembicara di Indonesia Summit. DOK. iFLYTEK Kepala Bisnis iFLYTEK Indonesia Frankie saat menjadi pembicara di Indonesia Summit.

Terlebih, Indonesia memiliki keragaman budaya dan potensi pengembangan ekonomi. Hal ini menyebabkan komunikasi lintas bahasa tumbuh dari waktu ke waktu.

Pada pameran AES 2023, ia pun melihat antusiasme perusahaan Indonesia yang ingin bekerja sama dengan iFLYTEK. Ditambah lagi, perusahaan yang didirikan pada 2016 tersebut punya rekam jejak mentereng.

Para peserta pameran menggunakan alat translate. DOK. iFLYTEK Para peserta pameran menggunakan alat translate.

Sebagai super AI leader, lanjutnya, iFLYTEK telah menyediakan layanan teknologi suara di berbagai acara internasional, seperti Kejuaraan Dunia dan Olimpiade Musim Dingin.

“iFLYTEK menghadirkan solusi AI yang profesional, cerdas, serta nyaman bagi pelanggan lokal di Indonesia,” kata Frankie dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Jumat (1/12/2023).

Frankie berharap, iFLYTEK dapat menghadirkan produk AI terkemuka kepada konsumen di seluruh dunia. Dengan demikian, produk iFLYTEK dapat membuat konsumen bekerja lebih mudah dan hidup lebih nyaman.

Peserta pameran dapat mencoba langsung kamus pena. DOK. iFLYTEK Peserta pameran dapat mencoba langsung kamus pena.

Sebagai informasi, iFLYTEK telah memasarkan produknya di berbagai negara, seperti Hong Kong, Singapura, Jepang, serta Indonesia. Selanjutnya, iFLYTEK akan terus menghubungkan dunia dan melayani pengguna global sebagai tanggung jawab perusahaan.

Ke depan, iFLYTEK akan terus mengabdikan dirinya pada teknologi inovatif dan memperluas kemitraan global untuk menyediakan solusi kecerdasan suara yang lebih berwawasan dan berkelanjutan. Inisiatif ini merupakan gambaran luar biasa tentang era kecerdasan buatan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com